IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Konversi BBM ke Gas, Pelni Gandeng PGN

Konversi BBM ke Gas, Pelni Gandeng PGN

Written By kusairi kusairi on Thursday, 3 September 2015 | 17:22

indoPetroNews.com - PT. Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) dan PT. Pelni (Persero) menemukan kata sepakat dalam efisiensi penggunaan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) menuju ke konsumsi Gas.

Direktur Utama PGN, Hendi Priyo Santoso mengatakan, dengan adanya konversi BBM ke BBG ini, nantinya baik Pelni, ASDP, maupun Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) dapat menghemat pemakaian bahan bakar sebesar 40 persen dibandingkan dengan BBM.

"Penggunaan gas bumi oleh Pelni, ASDP, dan Ditjen Hubla ini menjadi bagian penting dalam upaya memperkuat ketahanan energi Indonesia," kata Hendi, di Jakarta, Kamis (3/9).

Direktur Utama Pelni, Efien Goentoro mengatakan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara perusahaannya dengan PT Perusahaan Gas Negara Tbk dapat mengefisienkan penggunaan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Program ini mendukung penggunaan BBM ke gas, kapal Pelni cukup lama maka efisiensi harus ditingkatkan, 10 persen target tahun ini," kata Efien.

Dia menjelaskan, langkah pertama yang akan dilakukan adalah mengonversi BBM menjadi BBG dengan perbandingan 60:40. Diharapkan nantinya konsumsi BBM Pelni akan berkurang.

"Langkah pertama kita akan mengonversi, paling tidak 60:40. 40 pakai gas, salah satu biaya, karena BBM produksinya sekitar 58 persen, kalau ada konversi akan menjadi turun," jelas dia.

Dia berharap konversi tersebut bisa menurunkan biaya produksi hingga mencapai 20 persen. "Sehingga efisiensi biaya produksi turun 20 persen, kalau mesin konverter dari pemerintah bagus," tambah dia.

Berdasarkan data, saat ini Pelni menggunakan BBM untuk operasional kapal laut miliknya sekitar 33,4 juta liter per bulan.Ehs
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login