IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Kuota BBM Subsidi Hanya Sampai Akhir Tahun

Kuota BBM Subsidi Hanya Sampai Akhir Tahun

Written By Indopetro portal on Wednesday, 2 September 2015 | 08:34

indoPetroNews.com - Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja mengatakan kuota bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi hanya cukup sampai akhir tahun ini.

Kuota BBM bersubsidi ini, lanjut Wiratmaja mengalami penurunan dibandingkan lima tahun sebelumnya. Hal itu dikarenakan pemerintah mencabut kuota BBM subsidi untuk premium pada 2014 lalu.

"Pencabutan subsidi tahun lalu, 2014 berdampak signifikan terhadap pengurangan kuota BBM bersubsidi. Sampai September ini pun konsumsi masih sesuai range kami," kata Wiratmaja dalam rapat kordinasi dengan Komisi VII DPR-RI, Senayan, Jakarta, Selasa (1/9).

Berdasarkan data yang tercatat di Kementerian ESDM, realisasi BBM Bersubsidi untuk solar dan minyak tanah mencapai 9,6 juta kiloliter (kl). "Realisasi 9,6 juta kl. Untuk minyak tanah realisasi 0,49 juta kl proyeksi sebelumnya 0,73 juta kl. Untuk solar 9,09 juta kl diproyeksikan capai 16 juta Kl. Dari APBN 17 juta kl," katanya.

Meskipun demikian, Wiratmaja mengatakan masih ada beberapa daerah yang masuk dalam daerah merah seperti Sulawesi Utara dan Papua Barat. Namun, secara keseluruhan konsumsi minyak tanah dan solar masih dalam range yang diharapkan.

"Ada beberapa daerah yang sudah mulai merah untuk minyak tanah. Memang skala kecil. Misal di Sulut dan Papua Barat. Tapi secara keseluruhan konsumsi minyak tanah dan solar masih di dalam range yang diharapkan," ujar dia.

Sementara untuk pengawasannya, dia menambahkan, pemerintah telah menjalankan lima poin fungsi pengawasan bersama dengan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi atau BPH Migas.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login