IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pembangunan Kilang Bisa Menjadi Vitamin Perekonomian

Pembangunan Kilang Bisa Menjadi Vitamin Perekonomian

Written By Indopetro portal on Thursday, 17 September 2015 | 19:05

indoPetroNews.com - Pembangunan kilang minyak baru, dinilai dapat memperbaiki perekonomian Indonesia. Pasalnya, dengan adanya kilang minyak ini dapat membantu defisit produksi minyak mentah.

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang PS Brodjonegoro mengatakan, defisit neraca perdagangan Indonesia dikarenakan defisit di sektor Minyak dan Gas (Migas). Untuk itu, Pemerintah perlu memperbaiki soal Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Defisit di BBM karena kalau defisit crude memang tidak bisa kita atasi. BBM mau enggak mau jawabannya harus bikin kilang. Ini topik yang basi tapi masih relevan," kata Bambang dalam Diskusi Energi di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (17/9).

Menurutnya, dengan adanya kilang minyak baru, maka defisit di sektor migas dapat lebih mengecil. Terlebih lagi, sudah 20 tahun lebih Indonesia tidak membangun kilang minyak. "Saya ingin menghighlight untuk kebijakan energi menjadikan kilang sebagai center of attraction," kata Bambang.

Menurutnya, defisit sektor migas yang besar membuat perekonomian Indonesia terganggu. Hal inilah yang menyebabkan Indonesia tidak dapat menahan nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS.

"Sudah 20 tahun lebih enggak bangun kilang dan pelan-pelan buat masalah ke neraca dagang dan kontribusinya ke nilai tukar Rupiah," kata dia.

Menteri Keuangan, Bambang PS Brodjonegoro, mengungkapkan untuk merealisasikan investasi di sektor kilang minyak, peraturan presiden (prepres) penugasan Pertamina sebagai pembeli (off taker) dari hasil kilang akan segera dirilis.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login