IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Pertamina Akui Butuh Partner Garap Mahakam

Pertamina Akui Butuh Partner Garap Mahakam

Written By kusairi kusairi on Thursday, 3 September 2015 | 17:06

indoPetroNews.com - Meski sudah dipastikan bahwa Pengelolaan Blok Mahakam akan diserahkan kepada PT Pertamina (Persero) per Januari 2018, namun perusahaan BUMN sektor migas ini mengakui masih membutuhkan Total E&P Indonesie dan Inpex Corporation untuk menjaga produksi di Blok Mahakam.

Direktur Hulu Pertamina, Syamsu mengatakan, pihaknya sudah pelajari kegiatan operasional dan ternyata risikonya tinggi. Sebenarnya Pertamina optimis, namun terlalu berisiko kalau berjalan sendiri.

Syamsu menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya juga akan melakukan penandatanganan pembahasan pokok kontrak atau Head of Agreement (HoA) dengan Total dan Inpex.

"Saat ini pembahasan masih dilakukan, hampir mencapai kata sepakat. Total sudah mulai menerima keputusan pemerintah," ujar Syamsu di Jakarta, Rabu (2/9)

Diakuinya, sebelumnya Total meminta hak Participating Interest sebesar 35 persen, namun pemerintah hanya bisa memberikan hak PI tersebut 30 persen dan itu harus berbagi dengan Inpex. Saat ini Total sudah mau menerima dan dalam waktu dekat akan dilakukan penandatanganan HoA.

"Selama ini kan alot. Sekarang mereka (Total) sudah bisa paham dan menerima," katanya.

Sisa hak PI sebesar 70 persen akan dipegang oleh Pertamina dan Pemerintah daerah setempat. Namun berapa jatah untuk pemda masih dipahami oleh pemerintah, karena sebelumnya sudah ditetapkan 10 persen tapi pemda meminta lebih. Ehs
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login