IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Rizal Ramli Desak Pertamina Turunkan Harga Avtur

Rizal Ramli Desak Pertamina Turunkan Harga Avtur

Written By Indopetro portal on Tuesday, 15 September 2015 | 15:48

indoPetroNews.com - Pemerintah mengatakan harga bahan bakar pesawat terbang atau Avtur yang dijual PT. Pertamina (Persero) lebih mahal 22 persen dibandingkan negara lain. Untuk itu pemerintah mendesak agar perusahaan migas nasional tersebut menurunkan harga Avtur.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli, mengatakan 22 persen tersebut terdiri dari sepuluh persen pajak pertambahan nilai (PPN), dan sisanya di luar pajak, seperti distribusi, margin dan lainnya.

"Pertamina ambil inisiatif-lah, jangan jual terlalu mahal. Karena kalau maskapai gag beli dari Pertamina, Pertamina sendiri yang rugi," kata Rizal, usai acara diskusi di Widya Graha LIPI, Jakarta, Selasa (15/9).

Menurut Rizal, 12 persen di luar pajak tersebut seharusnya bisa ditekan oleh Pertamina, karena itu terdiri dari biaya distribusi, margin dan lainnya.

“Jika bisnis avtur dibuka untuk swasta, Pertamina akan kewalahan, dan pastinya akan mengancam bisnis Pertamina. Karena itu, Pertamina harus menghitung ulang penjualan avtur tersebut,” ujar dia.

Sebelumnya, Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang, menegaskan mahalnya harga avtur bukan keinginan perseroan, karena ongkos produksinya memang sebesar itu.

Kilang Pertamina untuk memproduksi avtur, kata dia, sudah tua ketimbang kilang milik negara lain, sehingga biaya produksinya lebih mahal.

Selain itu, ada pula ongkos distribusi, PPN sepuluh persen dan pungutan dari BPH Migas 0,3 persen per liter, ditambah concession fee dari PT Angkasa Pura selaku pengelola bandara.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login