IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Sektor Migas Bukan Lagi Penopang APBN

Sektor Migas Bukan Lagi Penopang APBN

Written By Indopetro portal on Friday, 25 September 2015 | 11:47

indoPetroNews.com - Sampai sekarang pemerintah masih menetapkan lifting minyak dan gas bumi (Migas) sebagai salah satu asumsi dasar dalam menyusun kerangka ekonomi makro.

Direktur Pembinaan Program Migas Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi mengatakan dalam kondisi saat ini akan sulit bagi migas untuk memenuhi target lifting dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Kalau harus ngisi terus APBN, sumber daya alam kita enggak terbarukan dan sudah satu abad jadi sulit, persented kita pasti turun," katanya, dalam seminar energi di Cikini, Jakarta, Rabu (23/9).

Untuk itu dirinya menilai, seharusnya pemerintah tidak lagi mengandalkan sektor minyak dan gas (migas) sebagai penopang anggaran negara. Pasalnya, sumber migas di Indonesia tidak lagi banyak.

Tercatat, memasuki 1990-an, produksi minyak Indonesia terus menurun. Menurut data Kementerian ESDM, 1997 produksi minyak mentah Indonesia mencapai 1,5 juta bph dan pada 2007 merosot menjadi 952 ribu bph. "Kondisi hulu migas sekarang, konsumsi kita terus meningkat tapi produksi terus turun," katanya.

Sayangnya, dalam kondisi seperti ini pun negara masih mengharapkan sektor migas menjadi penopang anggaran belanja. Nantinya lifting tersebut akan dihitung sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PBNp) dari sektor migas.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login