IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » SKK Migas: Tiongkok Siapkan US$ 3 Miliar untuk Investasi Migas

SKK Migas: Tiongkok Siapkan US$ 3 Miliar untuk Investasi Migas

Written By Indopetro portal on Thursday, 10 September 2015 | 14:57

indoPetroNews.com - Deputi Pengendalian Keuangan SKK Migas Parulian Sihotang mengungkapkan, bahwa Tiongkok sangat berminat untuk memperluas investasinya di sektor minyak dan gas (migas) di Indonesia.

"Bahkan ada yang telah memiliki dana segar sekitar US$ 3 miliar untuk investasi migas di Indonesia," ungkap Parulian di Beijing seperti dikutip Antara, Kamis (10/9) pagi.

Ia mengungkapkan, sejumlah minat yang sudah disampaikan pihak Tiongkok diantaranya seperti mini LNG, OCTG (pipa untuk pengeboran minyak dan gas) serta shipyard, untuk mendukung industri migas.

Menurut Parulian, kunjungan SKK Migas bersama BPK RI untuk melakukan audit terhadap sejumlah perusahaan migas Tiongkok yang telah beroperasi di Indonesia.

"Selain audit, kami juga mengadakan pertemuan dengan sejumlah perusahaan migas, sekaligus institusi yang berwenang dalam kebijakan energi di Tiongkok, seperti China National Offshore Oil Corporation/CNOOC, Petro China Company/CNPC dan Sinopec," kata Parulian.

Dalam rangkaian pertemuan yang dihadiri sekitar 28 perusahaan tersebut, sebagian besar menyatakan minatnya untuk berinvestasi di Indonesia.

"Ini tentu sangat positif. Kami juga menyampaikan bahwa Indonesia juga telah memiliki paradigma baru bahwa untuk migas diarahkan untuk kegiatan lepas pantai (offshore) dan lebih difokuskan pada eksplorasi di wilayah Timur Indonesia," tuturnya.

Dia menambahkan bahwa pihaknya akan segera berkoordinasi dengan BKPM terkait minat penanam modal Tiongkok di sektor migas tersebut.

Seperti diketahui, sejumlah perusahaan Tiongkok selama ini telah melakukan investasi sektor migas di beberapa wilayah di Indonesia antara lain CNOOC, PetroChina dan Sinopec.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login