IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Sudirman Said Siap Bentuk Dana Ketahanan Energi

Sudirman Said Siap Bentuk Dana Ketahanan Energi

Written By Indopetro portal on Wednesday, 9 September 2015 | 10:26

indoPetroNews.com - Di tengah terpuruknya industri sektor minyak dan gas bumi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terpaksa harus membentuk Dana Ketahanan Energi. Dan ini telah menjadi amanat UU No 30/2009 tentang Energi.

Menteri ESDM, Sudirman Said, mengatakan, dana ketahanan energi sudah memiliki payung hukum yakni UU Energi yang diperinci dengan PP No 79/2014 tentang Kebijakan Energi Nasional.

"Dana ketahanan energi bersumber dari premi pengurasan energi fosil, APBN, selisih BBM dan perbankan. Dana tersebut dikelola oleh Badan Layanan Umum (BLU)," kata Sudirman di Jakarta, Selasa (8/9).

Selain itu, sambung Sudirman, jangka panjang dari kebijakan tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk membangun energi baru terbarukan (EBT), eksplorasi migas, panas bumi dan sebagainya.

"Bisa bermanfaat juga untuk pembangunan infrastruktur energi, termasuk peningkatan cadangan, stok BBM dan crude serta pengembangan sumber daya manusia dan riset," kata Sudirman.

Kebijakan pemerintah dalam hal ini Kementerian ESDM dalam melakukan gerakan pemanfaatan energi bakal mendapat jalan buntu kembali. Pasalnya berbagai kebijakan yang dikeluarkan pemerintah sebelumnya, seperti dana cadangan BBM nasional, petroleum fund, dan lain-lain masih menjadi perdebatan banyak kalangan. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login