IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Beban Pajak Hulu Migas Diusulkan Masuk Dalam Bagi Hasil

Beban Pajak Hulu Migas Diusulkan Masuk Dalam Bagi Hasil

Written By Indopetro portal on Tuesday, 13 October 2015 | 17:54


indoPetroNews.com - Wakil Ketua Komite Tetap Hulu Migas Nurman Djumiril, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengusulkan agar pada revisi UU Migas beban pajak industri hulu migas dimasukkan dalam kewajiban bagi hasil.

Nurman menjelaskan, skema pembayaran pajak di hulu migas, wajib menjadi perhatian pemerintah. Pasalnya, perusahaan hulu migas selalu mengeluhkan tingginya beban pajak.

Menurut informasi, setoran pajak yang paling sering dikeluhkan adalah Pajak Bumi Bangunan (PBB) saat baru memulai eksplorasi. Padahal, PBB ini tidak dipungut sampai perusahaan benar-benar mendapatkan hasil dari kegiatan eksplorasi migas.

"Pemerintah memang sudah merespons soal PBB saat eksplorasi ini. Tapi kenyataannya masih ada multitafsir soal wilayah mana yang kena PBB dan mana yang tidak," ujar Nurman, di Jakarta, Senin (12/10).

Dalam hal ini, pemerintah bisa menetapkan status lex specialis (pengecualian) kepada perusahaan hulu migas, utamanya soal pembayaran pajak.

Nurman bilang, pemerintah bisa meniru kebijakan saat PT Pertamina (Persero) menjadi badan pengawas hulu migas yang memberi konsesi Wilayah Kerja (WK) Migas kepada kontraktor kontrak kerja sama (KKKS).

Kala itu, ada Keputusan Menteri Keuangan (Kepmenku) di tahun 1978 yang mengatur tentang uniform multiprinsiple. "Jadi dihilangkan keraguan soal pajak ganda. Pada waktu itu skema sudah disepakati, tata cara pajak sama, atau disatukan dengan skema bagi hasil pemerintah dan kontraktor," ujar Nurman.

Dengan demikian, lanjut Nurman, pihak KKKS tak lagi dikejar oleh aparat pajak untuk membayar berbagai kewajiban yang terkadang sudah sangat membebani. "Jadi kepastian sumber fiskal harus jelas," tutup Nurman.
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login