IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » DPR Tolak Pertamina Diberi PMN

DPR Tolak Pertamina Diberi PMN

Written By Indopetro portal on Thursday, 1 October 2015 | 15:11

indoPetroNews.com - Ketua Komisi VI DPR RI Achmad H Tohir menolak pernyataan Direktur Jendral Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja terkait dengan solusi menutupi kerugian PT Pertamina (Persero).

Menurutnya, hal itu tidak bisa jika Pertamina rugi namun disubsidi melalui mekanisme pemberian Penyertaan Modal Negara (PMN). "Astagfirullah. Akan kami tolak kalau Pertamina diberi PMN. Masa rugi tapi disubsidi lewat penyertaan modal negara," kata Achmad Tohir, di Jakarta, Kamis (1/10).

Kendati nantinya pemerintah akan tetap bersikeras jika kerugian Pertamina akibat menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium di bawah harga keekonomian ini akan dibayarkan melalui PMN, namun Achmad Tohir mengungkapkan bahwa prosesnya akan sulit karena harus melawati pembahasan bersama Komisi VI DPR RI terlebih dahulu

"Tidak bisa begitu saja. Kalau lewat PMN tentu berat, mereka harus melewat Komisi VI," tegas Achmad Tohir.

Sebelumnya, usai rapat pimpinan dengan Menteri ESDM Sudirman Said dan seluruh jajaran Kementerian ESDM, Wiratmaja mengungkapkan, ada dua sumber pendanaan untuk menutupi kerugian PT Pertamina, pertama berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) berupa Penyertaan Modal Negara (PMN) dan kedua adalah dana ketahanan energi yang saat ini masih diajukan ke DPR.

"Bisa jadi dalam bentuk PMN atau apapun ya. Itu tanggung jawab pemerintah karena yang yang menetapkan harga kan pemerintah ya," kata dia.

Wiratmaja bilang, penjualan BBM Pertamina akan diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada akhir tahun untuk memastikan kebenarannya.
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login