IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Energi Baru Sudah Terangi 45.707 Rumah Tangga

Energi Baru Sudah Terangi 45.707 Rumah Tangga

Written By Indopetro portal on Monday, 5 October 2015 | 10:40

indoPetroNews.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat sebanyak 45.707 rumah tangga telah diterangi menggunakan energi baru. Diharapkan, angka tersebut terus bertambah dari waktu ke waktu.

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan semakin banyak pembangkit energi baru yang telah dibangun dan memberikan kontribusi untuk penerangan di Tanah Air. Diharapkan, dari kebijakan energi nasional dalam waktu 10 tahun akan lebih mendatangkan pos-pos energi baru yang lebih besar.

"Di bidang energi baru, terbarukan, dan konservasi energi, dua blok wilayah kerja panas bumi telah selesai dilelang dan sekurang-kurangnya 45.707 rumah tangga mendapat aliran listrik dari sumber energi baru terbarukan,” kata Sudirman, seperti dikutip dari laman resmi Kementerian ESDM, di Jakarta, Jumat (2/10).

Sudirman menyebutkan pembangkit energi baru yang sudah mengalirkan listrik yaitu 1.438 megawatt (MW) pembangkit listrik energi panas bumi, 1.740 MW bioenergi, 5.250 MW air, 71 MW tenaga surya, dan empat MW pembangkit listrik tenaga angin dan hybrid.

Kendati demikian, Sudirman menjelaskan, saat ini penyebaran kelistrikan (rasio elektrifikasi) Indonesia baru mencapai 86,39 persen dengan kapasitas listrik terpasang 53.535 megawatt (MW), dengan rasio elektrifikasi tersebut belum memenuhi kebutuhan listrik seluruhnya dan masih tertinggal dengan negara lain.

Lebih lanjut ia mengungkapkan rendahnya rasio elektrifikasi terutama di beberapa daerah yang masih di bawah 50 persen menyebabkan antrian panjang untuk mendapat akses listrik. "Kondisi kelistrikan kita juga menghadapi tantangan berat saat ini, rasio elektrifikasi masih dibawah 90 persen bahkan di bawah negara tetangga," pungkasnya.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login