IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Hadirkan BBM Kualitas Euro IV, Pertamina Harus Bangun Kilang Baru

Hadirkan BBM Kualitas Euro IV, Pertamina Harus Bangun Kilang Baru

Written By Indopetro portal on Monday, 5 October 2015 | 10:39

indoPetroNews.com - Tahun depan pemerintah berencana menghadirkan bahan bakar minyak (BBM) dengan kualitas standar Euro IV. Untuk itu, pemerintah menugaskan PT Pertamina Persero untuk meng-upgrade kilang yang selama ini baru memproduksi BBM dengan standar Euro II.

Menanggapi hal tersebut, Pertamina mengatakan yang dibutuhkan tak sekadar up-grade kilang, melainkan harus dibangun kilang baru.

Vice President Strategic Planning Business Development dan Operational Risk-Refining Pertamina, Achmad Fathoni Mahmud, mengatakan jika memang menginginkan BBM kualitas Euro IV dibutuhkan kilang baru, karena kilang yang ada saat ini standarnya hanya Euro II. Jika menggunakan kilang yang ada justru akan menurunkan produksi BBM.

"Kita butuh kilang minyak baru yang menghasilkan Euro 4, sekarang kan baru Euro 2," ujar Fathoni, di Jakarta, Jumat (2/10).

Diakuinya, saat ini negara-negara Eropa sudah mempunyai BBM dengan kualitas Euro IV dan Indonesia masih menggunakan standar Euro II. Selain itu, kendaraan-kendaraan yang ada di Indonesia juga masih didesain untuk bisa menggunakan BBM standar Euro II.

Sebelumnya, Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Kementerian ESDM, Setyorini Tri Hutami, mengatakan, bahwa tahun depan pemerintah berencana menghadirkan BBM Euro IV. Untuk mendukung target tersebut, pemerintah meminta Pertamina untuk melakukan revitalisasi dan modernisasi kilang-kilangnya.

"Dengan upgrading itu baru bisa menghasilan Euro IV, sekarang belum. Diupayakan kilang di RFCC Cilacap, PLBC Cilacap, Kilang RDMP, dan kilang baru," ujar Setyorini.
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login