IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Indonesia Belum Punya Perhitungan Khusus Soal Harga BBM

Indonesia Belum Punya Perhitungan Khusus Soal Harga BBM

Written By Indopetro portal on Tuesday, 6 October 2015 | 11:32

indoPetroNews.com - Bank Dunia menilai Pemerintah Indonesia belum memiliki perhitungan khusus terkait penetapan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Hal tersebut menyebabkan tidak adanya mekanisme yang jelas ketika terjadi kenaikan ataupun penurunan harga minyak dunia.

"Indonesia belum ada mekanisme yang jelas, saat harga minyak naik karena berpengaruh ke neraca keuangan Pertamina. Ini harus dicari formula antara Pertamina dan Pemerintah," ujar Ekonom Utama Bank Dunia untuk Indonesia, Ndiame Diop di kantor Bank Dunia Gedung BEI, Jakarta, Senin (5/10).

Diop menyarankan pemerintah untuk merancang skema antisipasi atau migitasi risiko dari gejolak harga minyak. Pasalnya, ketika harga minyak naik seharusnya harga BBM naik, namun pemerintah justru menahan kenaikan sehingga merugikan Pertamina.

Dirinya menambahkan, apabila ingin mengikuti negara lain yang melepaskan harga BBM ke pasar, maka akan ada skema-skema tertentu yang bisa diambil pemerintah ketika terjadi gejolak harga minyak dunia.

Ketika minyak dunia turun, pemerintah akan memperoleh keuntungan dari harga BBM yang ditetapkan. Dari keuntungan tersebut bisa disimpan sebagai dana stabilisasi saat harga minyak dunia kembali naik sehingga harga di tingkat konsumen tidak naik terlalu tajam.

"Selain itu bagaimana memitigasi harga minyak? Ada pajak BBM, itu bisa diterapkan ketika harga minyak turun. Pajak ini untuk menjaga stabilisasi harga agar harga naik dan turunnya tidak tajam," ujarnya.

Sebelumnya, terkait kebijakan harga bahan bakar minyak (BBM), PT. Pertamina (Persero) pernah mengusulkan agar pengenaan PPN 10% dan PBBKB (Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor) 5% untuk ditunda. Dan Selain itu, pertamina juga meminta agar ada pengurangan deviden. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login