IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Paket Kebijakan III : Tiga Insentif Listrik bagi Industri

Paket Kebijakan III : Tiga Insentif Listrik bagi Industri

Written By Indopetro portal on Thursday, 8 October 2015 | 11:12

indoPetroNews.com - Akhirnya pemerintah mengeluarkan sejumlah kebijakan pada bidang listrik buat industri yang dikemas dalam paket kebijakan ekonomi III.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said dalam keterangan pers di Kantor Presiden Jakarta, Rabu sore mengatakan pemerintah memberikan tiga jenis insentif bagi industri di bidang listrik.

"Insentif yang pertama berupa penurunan tarif listrik secara adjustment. Listrik ditentukan ICP, kurs, dan inflasi. Apabila ini naik turun maka akan terjadi adjustment," katanya.

Sudirman mengatakan secara rata-rata dalam tiga bulan terakhir turun 2,6 persen sehingga secara otomatis dan reguler mengalami penyesuaian.

"Insentif yang kedua adalah diskon 30 persen bagi penggunaan listrik di beban yang bergerak dari pukul 23.00-08.00. Karena banyak perusahaan yang dijalankan dengan mekanistik. Jadi orangnya sedikit andalannya mesin. Kalau mereka naikkan kemampuan produksi di malam hari, maka diskonnya akan mendapatkan 30 persen dari tarif normal," katanya.

Kemudian insentif yang ketiga, kata Sudirman, adalah kebijakan pembayaran tunggakan listrik.

"Banyak sekali industri yang karena terkena rawan PHK, mengalami kesulitan cashflow sehingga listriknya terus bengkak. Ini jumlahnya besar. PLN beri kebijakan dalam setahun hanya bayar 60 persen Sisanya dicicil dan baru dibayar di bulan 13 dari sekarang. Ini akan sangat beri kemudahan perusahaan yang mengalami kesulitan cash flow. Biasanya padat karya, dan harus berkompetisi dengan komponen impor," paparnya.

Kata Sudirman, "setiap penurunan ICP 10 dolar AS per barel, maka akan menurunkan listrik 5 persen. Apabila Rupiah menguat Rp1.000 per dolar AS maka dia akan menurunkan listrik 2,32 persen, inflasi membaik 1 persen akan menurunkan listrik 0,189 persen."
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login