IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pemerintah Klaim Subsidi Energi Hemat Rp. 636 Triliun

Pemerintah Klaim Subsidi Energi Hemat Rp. 636 Triliun

Written By Indopetro portal on Thursday, 1 October 2015 | 11:08

indoPetroNews.com - Nilai subsidi energi yang terdiri dari subsidi BBM, listrik dan LPG dalam lima tahun akan mengalami penurunan yang sangat signifikan, yakni dari Rp1.340 triliun menjadi Rp704 triliun.

Untuk itu, dalam lima tahun ke depan diperkirakan akan menghemat subsidi sekira Rp636 triliun. Seperti dikutip dalam keterangan Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Rabu (30/9), penurunan nilai terjadi akibat adanya perubahan pola kebijakan subsidi yang diterapkan Pemerintah.

Mulai tahun 2015. Pemerintah menetapkan perubahan pola kebijakan subsidi sehingga dalam lima tahun ke depan subsidi energi akan menurun drastis. Nilai subsidi energi 2004-2014 (10 tahun terakhir) sebesar Rp2.060 triliun. Untuk lima tahun terakhir (2010-2014) sebesar Rp1.340 triliun, tetapi dengan perubahan pola kebijakan subsidi maka dalam lima tahun ke depan subsidi energi turun 53 persen menjadi Rp704 triliun.

Dengan penurunan anggaran untuk subsidi energi ini, maka pemerintah mempunyai ruang fiskal yang cukup besar untuk dialokasikan pada kegiatan lain seperti, peningkatan pembangunan infrastruktur energi. Hal ini diharapkan dapat mengejar kekurangan infrastruktur yang selama ini dihadapi.

Perubahan pola subsidi dari subsidi langsung ke subsidi tidak langsung merupakan kebijakan yang tepat. Karena, kebijakan langsung Komisi VII DPR RI bersama Pemerintah sepakat untuk tidak mundur dari kebijakan mengenai subsidi seperti saat ini, karena kebijakan subsidi saat ini sudah tepat dan dirasakan akan lebih bermanfaat bagi rakyat. Subsidi BBM yang sedianya diberikan dan diterima yang berhak, kenyataannya ternyata lebih banyak dinikmati oleh orang berpunya, karena itu dengan kebijakan saat ini yaitu mengalihkan subsidi ke pembangunan infrastruktur tentunya akan lebih banyak memberi manfaat bagi rakyat.

Kebijakan pengalihan subsidi BBM saat ini memang memiliki periode waktu yang panjang untuk dapat dinikmati tetapi dalam jangka panjang masyarakat akan merasakan manfaat yang luar biasa jika dibandingkan untuk menyubsidi BBM yang habis dibakar.(eha)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login