IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Pertagas Layak Menjadi Agregator Gas

Pertagas Layak Menjadi Agregator Gas

Written By kusairi kusairi on Friday, 30 October 2015 | 13:14

indoPetroNews.com - Anak usaha PT. Pertamina (Persero) yakni Pertamina Gas (Pertagas) dianggap layak menjadi agregator gas dan melakukan monopoli alami. Pasalnya negara masih menguasai 100 persen saham perusahaan ini.

"BUMN itu memegang hak monopoli alami. Dialah satu-satunya yang punya hak untuk itu. Yang tepat Pertagas," kata Direktur Eksekutif Indonesian Resourcess Studies (IRESS) yang juga pengamat industri pertambangan, Marwan Batubara di Jakarta, Jumat (30/10).

Menurut dia, jika pemerintah tetap ngotot memberikannya ke BUMN lain, maka saham BUMN tersebut harus dimiliki negara. Kalau ada saham asing di dalam BUMN tersebut maka harus membeli ulang (buy back) saham yang telah dikuasai asing.

Buy back saham itu bukan hal yang mudah, karena pemerintah harus kembali mengeluarkan dana, dan itu sangat kecil kemungkinannya. Sehingga yang paling baik, hemat Marwan, adalah memberikannya ke Pertagas.

Alternatif lainnya, lanjut Marwan, menyinergikan BUMN di sektor minyak dan gas (migas) dalam satu holding atau induk perusahaan. Untuk holding sebaiknya Pertamina karena mempunyai pengalaman dalam mengelola sejumlah anak perusahaan.

"Pertamina itu menjadi holding-nya. Di bawahnya ada Petamina Hulu Energi, ada Pertamina Refinery, ada yang misalnya mengurusi soal hilir, panas bumi. Lalu ada juga yangngurusi gas, di mana Pertagas dan PGN itu digabungkan dan harapannya juga sambil digabungkan itu di-buy backsahamnya sebagaian besar," papar Marwan.

Kemudian, SKK Migas pun masuk ke holding Pertamina dan tidak perlu harus membuat BUMN baru untuk menangani gas.

"Jangan bikin BUMN sendiri. Ini saya kira harus secara gamblang disampaikan ke pemerintah dan DPR. Saya meminta dijalankan, karena ini amanat konstitusi," ujarnya. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login