IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pertamina Bantah Terjadi Pengurangan Premium di Setiap SPBU

Pertamina Bantah Terjadi Pengurangan Premium di Setiap SPBU

Written By Indopetro portal on Wednesday, 14 October 2015 | 12:11

indoPetroNews.com - PT. Pertamina (Persero) dituding mengurangi jatah bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium di setiap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang juga menjual BBM jenis Pertalite.

Sebelumnya, salah satu SPBU milik Pertamina di daerah Salemba Raya mengalami kehabisan Premium beberapa waktu lalu. Pihak SPBU mengatakan jika manajemen Pertamina tengah melakukan pengurangan. Tidak tanggung, pengurangan jatah Premium mencapai setengah dari biasanya.

Dikonfirmasi, manajemen Pertamina membantah tudingan bahwa telah dilakukan pengurangan jatah BBM Premium di sejumlah SPBU.

"Tidak benar itu (ada pengurangan jatah Premium). Coba dilihat secara proporsional. Kami mengirimkan sesuai yang ditebus atau dipesan dan dibayar," ungkap Direktur Pemasaran PT. Pertamina (Persero),Ahmad Bambang melalui pesan singkatnya, Jakarta, Selasa (13/10).

Pihak SPBU mengklaim jika penurunan pengiriman Premium masing-masing bisa mencapai 8.000 liter per hari. Ahmad Bambang menjelaskan, konsumsi Premium di setiap SPBU masih dalam jumlah normal, yakni 16.000 Liter per hari. "Jumlah konsumsi kan tetap, misal 16.000 Liter," ujarnya.

Ahmad Bambang kembali menekankan, Pertamina tidak pernah mengurangi jatah Premium untuk SPBU semenjak Pertalite dipasarkan Juni 2015 lalu. Hanya saja, jika permintaan BBM Pertalite naik, maka permintaan Premium pasti turun. Sehingga jumlah keduanya menjadi sama rata, yakni 8.000 Liter per hari.

"Kalau Pertalite naik, maka Premium pasti turun dan jumlahnya sama. Ini keadaan pasar sebenarnya, bukan Pertamina mengurangi," tegas Bambang.

Menurut Bambang, hal ini juga dipengaruhi oleh margin yang didapatkan SPBU untuk menjual Pertalite lebih besar, dibandingkan dengan menjual Premium. Sehingga, secara tidak langsung mereka membujuk konsumen untuk lebih menggunakan Pertalite.

"Bagi pengusaha juga lebih senang Pertalite karena marginnya lebih besar sehingga mereka berusaha membujuk konsumen," ujarnya.
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login