IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Pertamina Keberatan Mengikuti Kemauan Jokowi

Pertamina Keberatan Mengikuti Kemauan Jokowi

Written By Indopetro portal on Friday, 2 October 2015 | 13:19

indoPetroNews.com - Pemerintah dalam hal ini Presiden Joko Widodo, meminta agar PT. Pertamina Persero merekalkulasi atau mengkaji kembali harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium.

PT Pertamina Persero mengaku keberatan mengikuti kemauan Presiden Joko Widodo dalam menjalankan paket ekonomi jilid II untuk menurunkan harga BBM jenis premium. Pasalnya, premium masih diimpor dan saat ini harga naik karena depresiasi rupiah.

Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang, mengatakan walau premium sudah mengikuti harga pasar, penentuan harganya masih dipegang oleh pemerintah, tidak seperti BBM non subsidi lainnya, yang sudah mengikuti harga pasar namun penentuan harganya tidak perlu lapor ke pemerintah.

"Jujur saja, agak sulit, karena terbentur dari kurs rupiah terhadap dolar, karena premium masih impor," ujar Bambang di Jakarta, Kamis (1/10).

Diakuinya, pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa jika memang pemerintah berkehendak untuk menurunkan harga premium.

Sebelumnya Menteri ESDM, Sudirman Said, memastikan dalam tiga bulan ke depan tidak akan ada revisi harga. Walau sebenarnya dalam evaluasi tiga bulan sebelumnya harus ada kenaikan harga untuk premium dan penurunan harga untuk solar.

Dalam evaluasi pemerintah, seharusnya harga premium sebesar Rp7.900 per liter dan solar Rp6.250 per liter. Perhitungannya melalui mean of platts Singapore (MOPS), US$66,71 per barel untuk premium dan US$ 61,26 per barel untuk solar. Dengan perhitungan rata-rata nilai tukar rupiah di level Rp13.708.

Sebagaimana diketahui, pemerintah menetapkan evaluasi untuk harga BBM dilakukan per tiga bulan. Ini dilakukan dengan melihat perkembangan harga minyak dunia dan kurs rupiah. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login