IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » PGN Memperluas Penyaluran Gas Bumi ke Rumah Tangga di Pasuruan

PGN Memperluas Penyaluran Gas Bumi ke Rumah Tangga di Pasuruan

Written By kusairi kusairi on Friday, 30 October 2015 | 13:11

indoPetroNews.com - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) terus memperluas penggunaan gas bumi bagi para pelanggan rumah tangga di berbagai wilayah di Indonesia. Bertempat di Aula SMA Luar Biasa Negeri Pasuruan, PGN melakukan sosialisasi penggunaan gas bumi kepada para warga di sejumlah perumahan di Pasuruan pada Kamis sore hingga malam (29/10). Para warga ini merupakan pelanggan baru PGN setelah jaringan pipa dan gas bumi dapat disalurkan ke rumah-rumah mereka.

Total gas bumi yang di salurkan PGN melalui jaringan pipa ini sebanyak 1.370 m3 kepada 137 kepala keluarga. Masyarakat yang sudah dapat menikmati manfaat penggunaan gas bumi PGN berada di Perumahan Tambak Yudan Makmur, Perumahan Kebonagung Mas, Perumahan Pucang Indah lestari, Perumahan Lentera Cluster dan Jl Erlangga, yang seluruhnya berlokasi di Desa Purworejo dan Desa Kebonagung, Kota Pasuruan.

Dalam kegiatan sosialisasi penggunaan gas bumi rumah tangga ini PGN menyampaikan berbagai informasi seperti aspek keamanan gas bumi, pemeliharaan jaringan pipa gas dan nomor kontak yang dapat dihubungi dalam kondisi darurat. Sosialisasi ini juga dihadiri oleh Pjs Walikota Pasuruan Dr Ir Wibowo Ekoputro, Kapolresta Pasuruan Kota AKBP Yong Ferrydjon, Kapolsek Purworejo Achmad Sudarto, Camat Purworerjo, Lurah Kebonagung, dan Lurah Purworejo, serta seluruh pengguna gas bumi rumah tangga dan warga sekitar.

Area Head PGN Pasuruan Mula Prasetyawan Senja mengatakan, pembangunan jaringan pipa dan penyaluran gas ke rumah tangga di Pasuruan merupakan bagian dari komitmen PGN untuk terus memperluas pemanfaatan gas bumi di Indonesia.

Gas bumi sebagai energi baik yang ramah lingkungan, efisien dan aman, terbukti mampu memberikan manfaat bagi ratusan ribu pelanggan rumah tangga PGN di berbagai wilayah di Indonesia. Penyaluran gas bumi untuk rumah tangga ini merupakan program PGN Sayang Ibu yaitu menambah pelanggan rumah tangga PGN sebanyak 1 juta rumah tangga di Indonesia.

“Penyaluran gas bumi untuk rumah tangga di Pasuruan ini juga menjadi bagian dari upaya PGN untuk mendukung program pemerintah dalam rangka konversi energi dari BBM ke gas bumi. Dengan dukungan dari masyarakat, para pemangku kepentingan dan pelaku usaha, PGN berharap dapat terus memperluas pemanfaatan gas bumi di Pasuruan,”kata Mula Prasetyawan.

Hingga akhir tahun 2015 PGN menargetkan dapat menyalurkan gas bumi di wiayah Kota Pasuruan hingga sebanyak 200 rumah tangga. Sementara untuk kabupaten Pasuruan sebanyak 200 rumah tangga ditargetkan dapat menikmati gas bumi sebagai energi bebas subsidi ini tahun depan. Dengan penambahan pelanggan di Pasuruan, maka untuk wilayah Jawa Timur jumlah pelanggan rumah tangga PGN telah mencapai 13.601 pelanggan.

Mula menambahkan, pemasangan jaringan pipa ke rumah tangga di Pasuruan ini melewati beberapa tahap, seperti sosialisasi program, pengumpulan formulir berlangganan dan evaluasi calon pelanggan. Setelah persetujuan berlangganan diperoleh, baru dilanjutkan pemasangan jaringan pipa gas dan penyaluran gas.

"Secara teknis, penyaluran gas ke rumah tangga ini akan lebih cepat dilakukan apabila telah tersedia jaringan pipa induk dan pipa distribusi di sekitar lokasi calon pelanggan. Ke depan, PGN akan terus membangun infrastruktur agar gas bumi dapat menjadi sumber energi di negeri sendiri,” tambahnya.

Sektor Industri

Selain pelanggan Rumah Tangga, PGN juga telah menyalurkan gas kepada industri di wilayah Pasuruan. Saat ini tercatat sebanyak 96 industri dari berbagai sektor seperti makanan, kayu dan kimi di Pasuruan telah menggunakan gas. Melalui penggunaan gas bumi, para pelanggan industri PGN di Pasuruan dan Jawa Timur dapat meningkatkan efisiensi, sehingga daya saing produknya semakin meningkat. Total pelanggan industri PGN di Jawa Timur mencapai 409 industri.

"Melalui penggunaan gas bumi, PGN berharap sektor industri dapat terus berkembang, sehingga memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional. PGN akan terus melakukan inisiatif untuk membangun infrastruktur dan memperluas jaringan gas bumi. Kami yakin, dengan peningkatan penggunaan gas bumi, ketahanan energi nasional juga akan semakin kokoh,” jelasnya Mula.

Hingga saat ini PGN telah membangun dan mengoperasikan 6.470 kilometer jaringan pipa gas di berbagai wilayah Indonesia. PGN juga melayani lebih dari 105 ribu pelanggan dari berbagai sektor seperti rumah tangga, transportasi, UKM, komersial, industri dan pembangkit listrik. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login