IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » RUU Migas Harus Perkuat Pertamina Sebagai NOC

RUU Migas Harus Perkuat Pertamina Sebagai NOC

Written By Indopetro portal on Saturday, 10 October 2015 | 17:22

indoPetroNews.com - PT. Pertamina (Persero) telah lama kurang dipercaya pemerintah setiap kali ingin membangun infrastruktur minyak dan gas bumi (Migas) di Indonesia. Hal tersebut terbukti ketika pemerintah tidak memberikan saham Blok Mahakam 100 persen kepada Pertamina.

"Aneh saja, jika National Oil Company (NOC) bangsa sendiri diperlakukan sama dengan kontraktor asing,” ungkap Ketua Masyarakat Konstitusi Indonesia (MKI) Muhammad Joni, di Jakarta, Jumat (9/10).

Untuk itu Joni meminta pembahasan Rancangan Undang-undang (RUU) Migas harus memperkuat Pertamina sebagai NOC. Dengan begitu kata Joni, Pertamina nantinya mampu bertarung dengan perusahaan migas asing lainnya.

Selain itu, Pertamina kata Joni, sampai saat ini hanya memegang 24 persen produksi minyak nasional. "Apalagi dengan UU Migas, Pertamina tidak lagi memegang kuasa pertambangan, tidak terintegrasi (integrated oil company) dari usaha hulu sampai usaha hilir. Beleid UU Migas memangsa NOC-nya sendiri. Oleh karena itu, pemotongan perusahaan tidak terhindarkan,” kata Joni.

Joni menilai bahwa Pertamina dibiarkan bertarung sendiri tanpa dukungan pemerintah. Nasib Pertamina tidak seperti Petronas dan NOC asal negara lainnya. Bandingkan dengan 15 perusahaan migas terbesar di dunia (berdasarkan cadangan, produksi, kapasitas kilang dan volume penjualannya), 9 dari 15 perusahaan tersebut adalah NOC.

Di antaranya Saudi Aramco, National Iranian Oil Company (NIOC), Petroleos de Venezuela S.A (PDV), China National Petroleum Corporation (CNPC), Pemex, Gazprom, Sonatrach, Kuwait Petroleum Corporation (KPC) dan Petrobras. "Pemerintah di negara lain yang memiliki NOC menyadari peranan istimewa NOC milik mereka," ujarnya.
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login