IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » SKK Migas Ngotot Blok Masela Offshore

SKK Migas Ngotot Blok Masela Offshore

Written By kusairi kusairi on Thursday, 22 October 2015 | 15:39

indoPetroNews.com - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) ngotot dengan sistem kilang terapung (FLNG) atau offshore dalam mengelola Blok Masela di Propinsi Maluku

Kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi mengatakan, pihak SKK Migas sudah bertemu dengan Gubernur Maluku Said Assagaff untuk membicarakan masalah ini, beberapa waktu lalu.

"Kami sudah berkunjung ke lokasi, yakni Saumlaki dan Kepulauan Aru, serta bertemu dengan Gubernur 
Maluku. Kesimpulannya, kalau mau regional development, opsinya FLNG (floating LNG)," kata Amien di Jakarta, kemarin.

Kata Amien, skema kilang gas alam cair terapung (FLNG), bisa memberikan nilai tambah untuk daerah. Untuk pengembangan Pulau Aru dan wilayah lainnya sebagai kawasan industri, bisa dengan memakai kapal LNG.

Dengan demikian, FLNG juga sejalan dengan program pembangunan Indonesia sebagai negara maritim. "Skema FLNG akan mendorong pembangunan galangan kapal di Indonesia sehingga mendukung negara maritim," kata Amien.

Galangan tersebut, lanjut Amien, bisa dikembangkan untuk membangun berbagai jenis kapal, seperti FSO, FPSO, FSRU, atau FLNG, dengan kapasitas yang lebih kecil. "Industri migas membutuhkan banyak kapal, alangkah baiknya kapal dibuat di galangan kapal Indonesia," jelas Amien.

Amien bilang, opsi FLNG juga memungkinkan pengembangan Blok Masela bisa lebih cepat sehingga tidak kehilangan momentum pasar. Saat ini, sejumlah ladang gas di Australia yang berdekatan dengan Masela tengah dikembangkan.

"Kalau Masela terus tertunda, akan kalah 'market' dengan kompetitor dari Australia itu. Jadi, kami berpendapat Masela harus segera dikembangkan, tidak bisa ditunda-tunda," ujar Amien.

Dari sisi biaya, lanjut Amien, FLNG juga lebih murah, yakni US$ 14,8 miliar, sementara sistem kilang darat atau pipanisasi memakan biaya US$ 19,3 miliar. "Dengan demikian, dari berbagai sisi seperti engineering, harga, dan lainnya, opsi terbaik pengembangan Masela adalah FLNG," kata Amien.Ehs
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login