IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Solar Turun Dinilai Tidak Berpengaruh Terhadap Masyarakat

Solar Turun Dinilai Tidak Berpengaruh Terhadap Masyarakat

Written By Indopetro portal on Monday, 12 October 2015 | 15:35

indoPetroNews.com - Penurunan harga solar subsidi Rp200 per liter yang menjadi Paket Kebijakan Ekonomi Jilid III dinilai tidak begitu berpengaruh terhadap masyarakat. Pasalnya, langkah tersebut diyakini tidak akan diikuti dengan penurunan harga komoditas lainnya.

"Begitu mereka (solar) turun, harga komoditas tidak akan turun. Tetapi pas naik (solar), mereka (komoditas) akan naik lagi. Jadi jangan dipancing," ujar pengamat kebijakan publik, Agus Pambagio, di Jakarta, Minggu (11/10).

Menurut Agus, seharusnya pemerintah tidak menurunkan harga solar, karena bisa dimanfaatkan untuk mengantisipasi jika harga minyak dunia menguat. Jika tidak turun, keuntungan bisa digunakan untuk lainnya, seperti membangun kilang minyak.

"Kalau diturunkan, pendapatannya juga turun. Sudah lima hingga enam kali turun, harga komoditas tetap saja tidak turun. Jadi lebih baik diam saja," katanya.

Jika ingin harga BBM subsidi dinaikkan atau diturunkan, menurut Agus paling cepat setahun sekali, sehingga harga komoditas akan lebih stabil, karena tidak terlalu cepat mengikuti perubahan harga BBM.

Seperti diketahui, pemerintah telah menurunkan harga BBM subsidi jenis solar Rp200 per liter, sehingga menjadi Rp6.700 per liter. Alasan penurunan tersebut karena harga keekonomiannya sudah menurun, berbeda dengan premium yang angka keekonomiannya belum mengharuskannya untuk turun. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login