IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Survei World Bank : Berinvestasi di Indonesia masih Sulit

Survei World Bank : Berinvestasi di Indonesia masih Sulit

Written By kusairi kusairi on Friday, 30 October 2015 | 12:58

indoPetroNews.com - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat survei yang dilakukan World Bank terkait kemudahan dalam melakukan berusaha (Easy of Doing Business/EODB), Indonesia berada di posisi 109, dimana sebelumnya Indonesia berada pada peringkat 120.

Meski terlalu jeblok, Deputi bidang Perencanaan Penanaman Modal BKPM, Tamba Hutapea menganggap, Indonesia masih terus optimis di masa mendatang. Artinya kenaikan 11 peringkat tersebut tidak signifikan karena yang disurvei World Bank sebanyak 189 negara

"Dari sisi image building, sebagai negara yang gencar mempromosikan investasi baik di dalam maupun luar negeri, kurang elok kita di posisi di atas 100," kata Tamba di Jakarta, Kamis (29/10).

Tamba bilang, ke depan seluruh pihak terkait termasuk pemerintah daerah harus mensosialisasikan berbagai reformasi terkait kemudahan berusaha yang telah dilakukan. Agar, pelaku usaha mendapatkan pemahaman yang sejelas-jelasnya.

"Setidaknya ada dua indikator yakni sudah banyak investor yang memulai usaha dan penegakan kontrak," papar Tamba.

Terkait penyederhanaan prosedur serta waktu pengurusan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) dan TDP (Tanda Daftar Perusahaan), kata Tamba, bisa dilakukan secara paralel selama tiga hari, sejak Agustus 2015. "Prosedur itu dilakukan di luar waktu survei," ujar Tamba.

Tak hanya itu, lanjut Tamba, administrasi umum berbasis online satu hari, mencakup pencarian nama dan pengesahan (PT). Untuk pembayaran PNBP bisa dilakukan secara online. "Dari sisi persyaratan ada penambahan dokumen dari 10 menjadi 13 dokumen," jelasnya.

Tamba mengatakan, pemerintah Indonesia berkomitmen untuk menjalankan reformasi kemudahan berusaha. "Kami akan terus melakukan perbaikan sehingga peringkat kemudahan berusaha akan terus meningkat," tutup Tamba.
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login