IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Usai OPEC, Indonesia Ditawari Masuk IEA

Usai OPEC, Indonesia Ditawari Masuk IEA

Written By Indopetro portal on Monday, 5 October 2015 | 16:38

indoPetroNews.com - Dalam pertemuan para menteri energi dari negara anggota G20 di Istanbul, Turki, Indonesia ditawari masuk IEA (International Energi Agency). Ini tawaran menarik yang harus segera direspon.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, bilang Direktur IEA Fatih Birol sendiri yang menawarkan agar Indonesia masuk IEA. "Dalam pertemuan para menteri energi anggota G20, Fatih, Direktur IEA menyampaikan adanya dukungan dari berbagai negara IEA, agar Indonesia gabung ke IEA (associated member). Bersama Indonesia ada Cina, India, Brasil, Afrika Selatan dan Rusia, yang akan dikukuhkan sebagai anggota assosiate pada pertemuan IEA di Paris, November tahun ini," kata Sudirman seperti dikutip dari situs Kementerian ESDM, Senin (5/10).

Kata Sudirman, bila Indonesia bergabung ke IEA, berpeluang terjadinya peningkatan kerjasama sektor energi, khususnya terkait energi bersih, baru dan terbarukan. Selain itu, IEA juga berkomitmen untuk mendukung pengembangan Centre of Excellence Energi Baru Terbarukan di Bali.

Sekedar catatan, IEA merupakan badan yang berdiri dalam kerangka Organization for Economic Co-operation and Development (OECD). Organisasi yang lahir pada November 1974, bertujuan untuk melaksanakan program energi internasional. IEA didirikan untuk mengoperasikan suatu sistem informasi permanen mengenai perdagangan minyak dunia.

Sedangkan tujuan dasar IEA, di antaranya, untuk mengelola dan memperbaiki sistem penanggulangan gangguan pasokan minyak. IEA juga bertujuan, mempromosikan kebijakan-kebijakan energi yang rasional di dalam konteks global, melalui hubungan kerjasama dengan negara-negara bukan anggota, industri dan organisasi internasional.

Saat ini, dari 30 anggota OECD, sebanyak 28 negara di antaranya menjadi anggota IEA. Ke-28 negara tersebut adalah Australia, Austria, Belgia, Kanada, Cekoslowakia, Denmark, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Hongaria, Irlandia, Italia, Jepang, Korea, Luxemburg, Belanda, Selandia Baru, Norwegia, Polandia, Portugis, Slowakia, Spanyol, Swedia, Swiss, Turki, Inggris, dan Amerika Serikat. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login