IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » 2019, Indonesia Bakal Jadi Importir Gas

2019, Indonesia Bakal Jadi Importir Gas

Written By Indopetro portal on Wednesday, 4 November 2015 | 18:56

indoPetroNews.com - Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja mengatakan, 2019 mendatang Indonesia akan menjadi negara pengimpor Gas Bumi.

Wiratmaja mengatakan pasalnya saat ini pertumbuhan konsumsi gas yang terus meningkat di dalam negeri, dan tidak ditemukannya cadangan gas baru, membuat masyarakat mengalami krisis gas.

"Dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia, 5,5 persen-6 persen per tahun, maka produksi gas bumi diperkirakan tidak akan cukup pada 2019 nanti. Jadi 4 tahun lagi untuk pertama kalinya Indonesia menjadi importir gas bumi," ujar Wiratmaja, di Jakarta, Rabu (4/11).

Walau menjadi importir pada 2019, Indonesia sekaligus tetap sebagai eksportir terbesar, dikarenakan kontrak jual beli gas yang dilakukan saat ini merupakan kontrak jangka panjang.

Agar impor tidak membesar, pemerintah berkomitmen untuk tidak memperpanjang kontrak gas untuk ekspor dan mengutamakan penggunaan gas untuk dalam negeri. "Kami pastikan, tidak akan ada perpanjangan kontrak ekspor gas lagi. Seluruh produksi gas bumi akan diprioritaskan untuk dalam negeri," tegas Wiratmaja.

Sebagaimana diketahui, salah satu negara tujuan ekspor gas bumi Indonesia adalah Fujian, China. Saat ini pun Indonesia sudah menjadi importir untuk gas LPG, ini terjadi semenjak diberlakukannya konversi minyak tanah ke LPG pada 2011 lalu.
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login