IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , » Aktif Menjadi Anggota OPEC Indonesia Wajib Bayar 2 Juta Euro

Aktif Menjadi Anggota OPEC Indonesia Wajib Bayar 2 Juta Euro

Written By kusairi kusairi on Friday, 20 November 2015 | 10:11

indoPetroNew.com – Aktif kembali menjadi anggota Organization of Petroleum Exporting Countries (OPEC), Indonesia dituntut wajib membayar 2 Juta Euro atau setara dengan Rp. 29 Miliar per tahun.

Mantan Sekjen OPEC, Maezar Rahman mengatakan iuran dua juta euro tersebut digunakan untuk membiayai riset energi yang akan digunakan untuk seluruh anggota OPEC.

"Itu dipakai untuk riset, riset itu mahal, nah nanti keuntungannya itu hasil. Riset energi, hasil riset market, itu kita berhak untuk memiliki, itu salah satu keuntungan kita juga," kata Maezar, di Hotel Dharmawangsa, Jalan Brawijaya, Jakarta, Kamis (19/11).

Maezar menjelaskan, anggota OPEC saat ini 13 anggota, setiap satu anggota bayar dua juta euro. Jadi akan ada dan sejumlah 26 juta euro itu untuk pembiayaan riset di OPEC. Itu bisa masuk keuntungan tersendiri bagi Indonesia karena selain tergolong murah, Indonesia bisa membeli hasil riset tersebut. "Jadi kalau kita bayar dua juta euro itu sama seperti kita beli hasil riset," ucap dia.

Diketahui, Indonesia resmi keluar dari keanggotaan OPEC sejak 2008 kemarin. Sikap tersebut dinyatakan pemerintah Indonesia lantaran Indonesia tidak lagi menjadi negara eksportir minyak, melainkan saat itu menjadi negara importir minyak

Sebagai informasi, OPEC mengatakan bahwa Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said akan diundang untuk menhadiri pertemuan rutin kartel berikutnya pada 4 Desember 2015 di ibu kota Australia yang sekaligus akan meresmikan pengaktifan kembali keanggotaan Indonesia di OPEC. Ehs
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login