IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » BPPT Desak Pemerintah Tinjau Ulang Ekspor Gas

BPPT Desak Pemerintah Tinjau Ulang Ekspor Gas

Written By kusairi kusairi on Thursday, 5 November 2015 | 14:33

indoPetroNews.com - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mendesak Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk meninjau ulang kegiatan ekspor gas bumi.

Pasalnya, dalam beberapa tahun mendatang, kebutuhan gas nasional akan meningkat tajam, dan Indonesia bisa menjadi net importir.

Seperti yang dikatakan Dirjen Migas Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja beberapa waktu yang lalu, jika tidak ditemukan cadangan migas baru pada 2019, Indonesia akan menjadi net importir. Karena saat ini produksi gas dalam negeri mulai mengalami penurunan, dan produksi tersebut masih mengandalkan sumur-sumur tua.

Sejalan dengan hal tersebut, Kepala BPPT, Unggul Priyanto, mengatakan, peninjauan kebijakan ekspor energi, seperti gas dan batubara, yang dilakukan saat ini dimaksudkan untuk menjaga ketahanan energi nasional. Selain itu, pemerintah juga harus segera memaksimalkan pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT).

"Kebijakan ekspor gas dan batubara yang terjadi saat ini perlu ditinjau ulang, ini untuk mengamankan pasokan energi dalam negeri," ujar Unggul, di Jakarta, Kamis (5/11).

Selain pengembangan EBT, pemerintah juga harus mulai memikirkan pembangunan infrastruktur energi, seperti kilang, pipa gas bumi dan lainnya.

Menurut Unggul, jika kebutuhan energi Indonesia sudah bergantung pada impor, itu akan membahayakan ketahanan energi nasional.
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login