IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Dwi Soetjipto : Butuh Informasi Berimbang Antara Downstream dan Upstream

Dwi Soetjipto : Butuh Informasi Berimbang Antara Downstream dan Upstream

Written By kusairi kusairi on Tuesday, 10 November 2015 | 09:56

indoPetroNews.com - Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) Tbk, Dwi Soetjipto mengungkapkan, bahwa penting bagi Pertamina untuk memiliki Research and Technology Center yang meneliti tidak hanya downstream Pertamina, tapi juga upstream Pertamina.

"Setahun lalu di Litbang (Penelitian dan Pengembangan) Pengolahan, saya ditunjukkin bahan bakar air, selama setahun ini hanya seperti itu saja. Ini pentingnya aset SDM yang punya kapabilitas sehingga temuan bisa sampai tahap komersial," ungkap Dwi kepada wartawan di Gedung Pertamina Pusat, Jakarta, Senin (09/11).

Dari seluruh aset perusahaan yang dimiliki Pertamina, Dwi menjelaskan, bahwa yang paling penting adalah SDM yang memiliki kapabilitas, dan kapabilitas ini harus menghasilkan sesuatu hingga tingkat paten dan komersial jika mau disebut produktif.

"Kalau beberapa perusahaan minyak dunia menghadapi situasi sekarang, di mana harga minyak turun hingga 50%, mereka ambil cut investasi dan kurangi tenaga kerja hingga 40%. Tentu Pertamina tidak bisa melakukan itu. Kejayaan minyak sudah berubah memang. Oleh karena itu, SDM sebagai aset harus terealisasi," jelasnya.

Dwi menceritakan, bahwa pernah suatu kali di downstream dirinya bertemu dengan orang yang mengatakan kenapa Pertamina kalah dengan perusahaan minyak lain, yang memiliki jumlah aset SDM lebih sedikit.

"Kalau kita banyak dan kalah dengan aset yang lebih kecil, berarti ada yang tidak terutilisasi. Seolah-olah karyawan Pertamina ini maunya yang gampang, eksplorasi hanya mencari yang sudah produksi. Kita seperti kurang minat untuk eksplor. Kalau ada tawaran kita lempar ke perusahaan lain, kenapa tidak kita yang ambil?," katanya.

Dwi melanjutkan, kalau Pertamina sering dihantam kanan-kiri hanya seputar kenaikan harga minyak, isu upstream yang lebih penting akan terlihat kecil. Sehingga, menurut Dwi, masyarakat hanya mengetahui Pertamina terkait kenaikan dan penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) saja.

"Biasanya berita terkait Pertamina hanya naik-turun harga, distribusi minyak, yang notabene bercerita mengenai downstream," ungkap Dwi. Ehs
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login