IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Dwi Soetjipto : Kebutuhan Minyak Kita Separuh Melalui Impor

Dwi Soetjipto : Kebutuhan Minyak Kita Separuh Melalui Impor

Written By kusairi kusairi on Monday, 9 November 2015 | 15:51

indoPetroNews.com – Direktur Utama (Dirut) PT. Pertamina (Persero), Dwi Soetjipto mengaku saat ini lembaga yang dipimpinnya baru bisa memenuhi separuh dari kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) dalam negeri. Dan separuhnya lagi berasal dari impor BBM.

"Kebutuhan minyak kita 1,6 juta barel per day, sedangkan kapitas kilang kita 800 ribu barel per day, 50 persen yang kita jual ke masyarakat dari impor," ujar Dwi di Jakarta, Senin (9/11).

Untuk mengurangi impor tersebut, saat ini Pertamina tengah konsentrasi untuk membangun infrastruktur baru, seperti kilang dan lainnya. Karena, menurut Dwi tiap tahunnya konsumsi BBM akan terus meningkat, mengingat terus tumbuhnya penjualan kendaraan. "Untuk kemandirian energi, kita genjot investasi di sektor hulu hingga pembangunan kilang baru. 2025 konsumsi bisa mencapai 2 juta barel per hari," katanya.

Salah satu andalannya adalah kilang TPPI yang akan memproduksi BBM di kisaran 100 ribu Bph per hari. Diakuinya, dari 800 ribu barel BBM yang diproduksi di dalam negeri, hanya 277.000 barel minyak mentah yang berasal dari anak usaha Pertamina, yang bergerak di sektor hulu. Sedangkan sisanya, diperoleh dari perusahaan migas lainnya yang berproduksi di Indonesia.

Dwi menambahkan, karena 50 persen kebutuhan BBM masih impor, setiap ada pelemahan nilai tukar rupiah, Pertamina selalu disalahkan, karena kebutuhan dolar Pertamina sangat besar, terutama untuk pembelian BBM dari luar. Dengan adanya kilang TPPI, Dwi optimistis impor akan berkurang dan penggunaan dollar juga akan berkurang. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login