IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Harapan Menteri ESDM Terhadap Kilang TPPI

Harapan Menteri ESDM Terhadap Kilang TPPI

Written By kusairi kusairi on Wednesday, 11 November 2015 | 15:18



indoPetroNews.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said merasa optimis pengoperasian Kilang Trans Pacific Petroleum Indotama (TPPI) mampu meningkatkan ketahanan energi nasional.

Dengan TPPI, PT Pertamina Persero bisa mengurangi impor BBM sebesar 30 persen. Kata Sudirman, pengoperasian kilang TPPI oleh Pertamina merupakan tahapan dan pencapaian penting bagi penataan industri migas dan peningkatan efisiensi dan ketahanan energi nasional.

Karena mampu menyerap kondensat yang dihasilkan oleh lapangan-lapangan minyak di Indonesia yang selama ini diekspor. "Ketika beroperasi secara penuh, TPPI mampu mengurangi impor BBM 30 persen," ujar Sudirman di Jakarta, Rabu (11/11).

Sudirman mengaku, keputusan pemerintah untuk mengambil alih TPPI secara korporasi merupakan solusi permanen setelah 15 tahun mengalami ketidakpastian. Sejak 2 tahun terakhir TPPI mengalami ketidakpastian, yang mengakibatkan berhenti beroperasi.

Secara ekonomi makro, menurutnya penurunan impor BBM kedepannya dan penggunaan minyak mentah untuk diolah sendiri, dapat berkontribusi pada penguatan nilai tukar rupiah. Dengan beroperasinya kilang tersebut diharapkan mampu meningkatkan ketahanan energi dan menguatkan perekonomian nasional.

"Adanya TPPI penggunaan dollar untuk membayar impor BBM akan berkurang secara signifikan," katanya.

Selain itu, keputusan pemerintah untuk melakukan pengambilalihan dan pengoperasian oleh Pertamina merupakan bagian dari penguatan tata kelola migas secara menyeluruh, yang antara lain mencakup likuidasi dan audit Petral, mendorong para KKKS mengolah minyak mentah bagiannya di dalam negeri, dan membangun sarana penyimpanan dan kilang-kilang pengolahan.
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login