IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Harga Minyak Dunia Enggan Naik Sampai 2020

Harga Minyak Dunia Enggan Naik Sampai 2020

Written By kusairi kusairi on Wednesday, 11 November 2015 | 06:26

indoPetroNews.com - Diperkirakan harga minyak mentah dunia tidak akan mencapai USD 80 per barel sampai 2020.

Fatih Birol, Direktur Eksekutif International Energy Agency (IEA), mengatakan kepada Financial Times bahwa permintaan rendah dan pasokan melimpah menyebabkan harga minyak tidak akan beranjak naik.

Pasokan minyak diperkirakan sedemikian besar, tapi tidak sepenuhnya dikonsumsi. Akibatnya, terjadi kekenyangan pasar. "Kita sedang mendekati akhir cerita pertumbuhan permintaan tunggal terbesar dalam sejarah energi," ujar Birol, seperti ditulis, Selasa (10/11).

"Permintaan tidak sekuat seperti di masa lalu, sebagai akibat efisiensi dan kebijakan iklim global," sambungnya.

Harga minyak mentah saat ini sekitar 44 dolar AS per barel. Padahal, musim panas tahun lalu harga minyak masih 115 dolar AS per barel. IEA memprediksi harga minyak akan menyentuh 80 dolar AS per barel dalam empat tahun ke depan, atau pada tahun 2020.

Permintaan minyak mentah pada tahun 2020, masih menurut Birol, hanya akan tumbuh satu persen, dan lima persen dalam 20 tahun ke depan.

Birol, yang selama 20 tahun berada di IEA, mengatakan China yang harus dipersalahkan atas keadaan ini. Pelambatan ekonomi China, menyebabkan kurangnya pemrintaan.

China, demikian Birol, adalah faktor utama terjadinya lonjakan minyak dalam 15 tahun terakhir. Ketika pertumbuhan ekonomi China bergerak ke sektor konsumsi, permintaan minyak hanya meningkat sedikit kendati pertumbuhan ekonomi menguat.

Tahun lalu, Arab Saudi anggota kunci OPEC memutuskan tidak akan memotong target produksi dan membiarkan harga jatuh dari 100 dolar AS menjadi 55 dolar AS per barel.

Arab Saudi harus menjual sebanyak mungkin minyaknya untuk meraih keuntungan. Pada saat sama, perusahaan tertekan inflasi global, dan menyebabkan posisi Arab Saudi merosot.
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login