IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , » Indonesia Resmi Menjadi Anggota IEA

Indonesia Resmi Menjadi Anggota IEA

Written By kusairi kusairi on Saturday, 21 November 2015 | 14:23

indoPetroNews.com - Secara resmi, Indonesia telah dikukuhkan sebagai anggota atau associate member dari (International Energy Agency/IEA). Bersama dengan Tiongkok, Meksiko, dan Cile. Hal tersebut telah disahkan dalam pertemuan menteri energi se-dunia di Paris, Perancis pada 17-18 November 2015, lalu.

"Saya melaporkan kepada presiden hasil pertemuan para menteri energi, OICD, dan anggota IEA. Thailand juga sedang meng-apply keanggotaan dan intinya kita disambut dengan baik karena ke depan istilah mereka itu tidak ada satu negara pun yang bisa men-secure energinya sendiri," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, di Jakarta, Jumat (20/11).

Dengan masuknya ke dalam IEA, kata Sudirman, Indonesia boleh di bilang paripurna. Karena, sebelumnya Indonesia tercatat sebagai anggota negara-negara pengekspor minyak atau OPEC (Organization of The Petroleum Exporting Countries).

"Artinya Indonesia berada dalam dua komunitas. Satu komunitas produsen minyak dan gas, produsen fosil. Satu lagi komunitas yang lebih banyak memproduksi energi baru terbarukan," katanya.

Dari posisi tersebut, Sudirman menyebut adanya keuntungan dari sisi ekspose dan interaksi antar dua komunitas yang berbeda itu. Semisal, keanggotaan di IEA memungkinkan Indonesia menyerap teknologi tinggi.

"Salah satu forum yang akan kita bikin pada Februari adalah Bali Clean Energy Forum. Ini akan mengundang mereka juga dan itu akan jadi masukan bahwa kita betul-betul serius memasuki era baru ke energi terbarukan," katanya.

Selain itu, kata Sudirman, peluang masuknya investasi bakal membesar. Mengingat potensi energi baru terbarukan (EBT) yang ada di Indonesia, cukup besar. "Kita punya potensi (EBT) 300.000 MW yang masih belum digali secara serius dan itu PR (Pekerjaan Rumah), kita bersama," kata mantan Dirut Pindad itu. Ehs
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login