IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , » IRESS : Baiknya Pertamina Menjadi NLPC

IRESS : Baiknya Pertamina Menjadi NLPC

Written By kusairi kusairi on Tuesday, 17 November 2015 | 09:47

indoPetroNews.com - Pendiri Indonesian Resources Studies (IRESS) Marwan Batubara mengusulkan Pertamina menjadi perusahaan non listed public company (NLPC), atau perusahaan publik yang taat pada aturan pasar modal.

"Baiknya menjadi NLPC, karena ketika mengikuti aturan publik, berarti pengawasan terhadap Pertamina akan lebih ketat dan ada tanggung jawab untuk melaporkan perkembangannya kepada masyarakat," kata Marwan di Jakarta, seperti ditulis, Senin (16/11).

Marwan mengatakan, saham dari Pertamina tetap dikuasai seutuhnya oleh negara, namun hanya prosedurnya saja mengikuti pasar modal.

"Artinya bahwa dia (Pertamina) dibentuk dengan misalnya PP atau Perpres untuk sejak terbitnya Perpres itu statusnya berubah menjadi NLPC dan apa yang dilakukan oleh perusahaan mengikuti kewajiban oleh perusahaan yang terdaftar di pasar modal," kata Marwan.

Menurut Marwan, kewajiban melaporkan kegiatan perusahaan yang dilakukan sehari-hari oleh manajemen perlu diketahui oleh masyarakat banyak, atau merasa diawasi, sehingga manajemen lebih berhati-hati.

"Misalnya kalau mau membuka pengadaan barang, dan syaratnya harus tender, tahu-tahu tidak mengadakan tender, nah ini bisa menjadi temuan," ujar Marwan.
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login