IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Pemerintah Kebut Pembangunan Tangki LNG

Pemerintah Kebut Pembangunan Tangki LNG

Written By kusairi kusairi on Wednesday, 11 November 2015 | 15:14

indoPetroNews.com – Direktur Jenderal minyak dan gas bumi (Dirjen Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja mengatakan, mulai saat ini hingga 2020, pemerintah telah membuat rencana pembangunan beberapa tangki LNG, yang tersebar di beberapa daerah. Hal ini guna antisipasi impor gas.

Jika pemerintah tetap harus mengimpor gas, setidaknya tangki tersebut juga bisa dijadikan penampungan sementara, sebelum diserap masyarakat. "Kalau tidak ada tangki, gas produksi dalam negeri harus langsung terserap. Jika tidak terserap mau tidak mau harus diekspor lagi," ujar Wirat, di Jakarta, Rabu (11/11).

Wirat menambahkan, saat ini produksi gas nasional mencapai 6.797 mmscfd, sedangkan konsumsi setiap tahun terus bertambah. Namun produksi gas terus menurun, mencapai sebelas persen.

Penurunan tersebut, menurut Wirat, terjadi karena, produksi gas saat ini masih mengandalkan sumur tua, yang cadangannya mulai menipis. "Pada 2030 diperkirakan produksi gas kita hanya 1.167 mmscfd," kata dia.

Selain itu, agar tidak tergantung gas impor, pemerintah memastikan tidak akan memperpanjang kontrak ekspor gas saat ini. Ekspor gas tersebut tidak bisa diberhentikan begitu saja di tengah jalan, karena pemerintah terikat kontrak. Salah satu kontrak ekspor gas adalah ke Fujian, China, yang akan berakhir pada 2034.Ehs
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login