IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Pertamina Berencana Bentuk Anak Usaha Baru

Pertamina Berencana Bentuk Anak Usaha Baru

Written By kusairi kusairi on Thursday, 5 November 2015 | 14:46

indoPetroNews.com - PT. Pertamina (Persero) diketahui tengah mengincar beberapa kilang pengolahan dan tangki penyimpanan di luar negeri. Di antaranya punya Royal Dutch Shell.

Untuk itu, Pertamina berencana membentuk anak usaha baru di sektor hilir minyak dan gas bumi (Migas). Pasalnya selain fokus dalam pengelolaan kilang, perusahaan BUMN ini juga membuka peluang penjualan BBM dan pelumas ke kawasan Asia Tenggara dan Timur Tengah.

“Namanya Pertamina International Downstream (PIDS). Tapi perusahaan ini bukan perusahaan trading seperti Petral ya," kata Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang, kepada wartawan baru-baru ini di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta.

Untuk merealisasikan pendirian entitas bisnis tersebut, Bambang mengatakan, bahwa pihaknya tengah mencari lokasi yang tepat di dalam negeri untuk dijadikan sebagai kantor pusat.

Sedangkan untuk operasionalnya, Bambang melanjutkan, perusahaan tersebut akan didirikan di Singapura atau Malaysia dengan alasan rendahnya pungutan pajak produk dan perusahaan. Selain itu, kedua negara tersebut juga merupakan pasar BBM terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Tak hanya itu, Bambang menyebutkan, bahwa Pertamina juga terus melakukan penjajakan dengan produsen minyak mentah dan Liquefied Petroleum Gas (Elpiji) di beberapa negara guna menopang pasokan produk PIDS ke depannya.

Bambang juga menyampaikan, bahwa pihaknya saat ini mulai memperbesar area penjualan produk BBM dan pelumas dengan merambah pasar di negara-negara Asia Tenggara.

"Kami sedang mengikuti tender untuk bisa kerja sama dengan perusahaan BUMN (Badan Usaha milik Negara) Myanmar. Kalau menang, kami akan memiliki saham di beberapa fasilitas hilir migas di Myanmar seperti depo sampai Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di sana," ujarnya. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login