IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Pertamina Berhasil Tutup Kerugian dari Penjualan Premium

Pertamina Berhasil Tutup Kerugian dari Penjualan Premium

Written By Indopetro portal on Tuesday, 3 November 2015 | 10:08

indoPetroNews.com - Upaya efisiensi yang dilakukan PT Pertamina Persero selama setahun terakhir, pada Oktober lalu berhasil menutup kerugian dari penjualan BBM jenis premium. Padahal hingga September 2015, Pertamina masih mengalami kerugian sebesar Rp 15,2 triliun.

Direktur Keuangan Pertamina, Arief Budiman mengatakan, hingga akhir Oktober, kerugian Pertamina dari penjualan premium hampir seimbang dengan nilai efisiensi yang dilakukannya. Bahkan, dengan efisiensi tersebut, Pertamina hampir memperoleh keuntungan.

"Kita sudah tak mengalami kerugian dari penjualan BBM jenis premium, ini berkat efisiensi produksi yang dilakukan," ujar Arief di Jakarta, Senin (2/11).

Efisiensi yang telah dilakukan Pertamina, kata Arief, hingga akhir September mencapai US$1,15 miliar, atau sejalan dengan target 35 persen dari biaya operasi. Sedangkan upaya efisiensi melalui pelaksanaan breakthrough project tahun ini tercatat sudah mencapai US$430,77 juta, atau 119 persen dari yang ditargetkan pada periode berjalan.

"Efisiensi yang dilakukan untuk menunjang keuangan perseroan adalah upaya dalam menekan biaya operasi, karena kondisi harga minyak dunia yang melemah," katanya.

Walau begitu, Arief menambahkan, pihaknya masih harus memantau seluruh pergerakan yang menentukan harga premium, terutama faktor-faktor yang tidak bisa diatur Pertamina, seperti MOPS, kurs rupiah dan lainnya.
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login