IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Pertamina Peduli Ekonomi Masyarakat Pesisir

Pertamina Peduli Ekonomi Masyarakat Pesisir

Written By kusairi kusairi on Friday, 13 November 2015 | 15:02

indoPetroNews.com - Pelambatan ekonomi tentu saja berpengaruh terhadap menurunnya kesejahteraan masyarakat di segala aspek, tak terkecuali masyarakat di kawasan pesisir. Mereka pun berupaya lebih ekstra dalam memenuhi kebutuhan hidup yang semakin meningkat.

Untuk membantu mereka, Pendidikan dan Kreativitas dinilai sebagai solusi untuk menciptakan peluang dan sistem ekonomi yang bersahabat dengan masyarakat, agar semakin dekat dengan kesejahteraan.

Kedua hal itulah yang dilakukan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Assolahiyah di Karawang, pesisir Jawa Barat. Dengan mengintegrasikan pendidikan dengan ekonomi kreatif produktif kini PKBM Assolahiyah mampu memberikan harapan bagi masyarakat Karawang dan sekitarnya.

Heru Saleh, pengelola PKBM Assolahiyah, mengatakan, pendidikan menjadi dasar untuk bisa membentuk kemandirian masyarakat terutama dari sisi kemandirian ekonomi. “Ini kita mulai dengan memberikan pendidikan bagi masyarakat yang buta aksara, putus sekolah, masyarakat yang belum bekerja atau rumah tangga”, kata Heru, dalam siaran pers Pertamina, Jumat (13/11).

Mereka selain diberikan modal dasar tersebut, juga ditambahkan dengan pendidikan produktif seperti pelatihan berbagai keahlian. Pendidikan ekonomi produktif diintegrasikan dengan berbagai potensi. Misalnya, dari buta aksara diintegrasikan dengan ekonomi produk usaha terasi super serta pendidikan kesetaraaan diintegrasikan dengan usaha konveksi Selawe Collection”, papar Heru lagi.

Dalam menjalankan aktivitas tersebut, Heru tidak sendiri, PT Pertamina EP Asset 3 Field Subang pun ikut membantu. Kesamaan visi, yaitu menyejahterakan masyarakat membuat perusahaan tersebut turun tangan dengan memberikan berbagai pelatihan pendidikan dan pengembangan ekonomi kreatif.

“Atas peran kemitraan bersama PT Pertamina EP seperti dari segi pendanaan dan pendampingan dengan tenaga ahli, membuat PKBM Assolahiyah lebih bisa menjangkau dan memenuhi apa yang dibutuhkan masyarakat,” kata Heru.

Kini berkat adanya peningkatan kualitas pengajaran baik dari sisi pengajar maupun fasilitas dari PT Pertamina EP para anak didik Assolahiyah bisa unjuk gigi di dunia luar dengan berbagai hasil kerja mereka.

“Bahkan kini produk kami seperti terasi sudah menjadi unggulan di daerah dan menjadi pemasok terbesar bagi rumah makan di Kabupaten Karawang”, ujar Heru.

Heru berharap sinergi antara PKBM Assolahiyah dengan PT Pertamina EP melalui program CSRnya bisa terus berlanjut dan ditingkatkan. Karena dengan begitu Heru yakin akan lebih banyak lagi masyarakat yang akan mendapatkan manfaat. Ehs
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login