IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » PGN Akuisisi Pertagas, Pertamina Akuisisi PGN

PGN Akuisisi Pertagas, Pertamina Akuisisi PGN

Written By kusairi kusairi on Tuesday, 17 November 2015 | 14:27

indoPetroNews.com - Merger dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) antara PT. Perusahaan Gas Negara dengan anak usaha PT Pertamina Gas (Pertagas) tengah mencapai skema baru. Rencana ini dilontarkan Menteri BUMN, Rini Soemarno, dalam forum diskusi dengan pimpinan redaksi media beberapa waktu lalu.

Rini mengatakan merger kedua perusahaan BUMN pada sektor minyak dan gas bumi (Migas) merupakan bagian dari konsolidasi BUMN energi. Menurut Rini tidak sehat atau tidak efektif jika dua perusahaan negara bersaing pada satu bisnis yang sama.

"Skemanya, PGAS akan mengakuisisi Pertagas. Kemudian induk Pertagas yaitu Pertamina akan mengambil saham PGAS dan membentuk sub-holding sektor gas bumi yang digawangi PGAS," kata Rini Soemarno.

Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto mengatakan, Kementerian BUMN memang tengah mengkaji merger PGAS dan Pertagas demi membentuk harga yang lebih baik bagi masyarakat. "Kami akan kami pelajari lebih lanjut soal ini," ujar Dwi.

Manajemen Pertamina mengaku belum mendapatkan skema paling tepat untuk merger. "Belum dibicarakan, PGAS perusahaan publik sehingga akan dikaji agar investor tidak dirugikan dengan rencana tersebut," lanjut Dwi.

Sekretaris Perusahaan PGAS, Heri Yusuf bilang, PGAS menyerahkan keputusan merger ke pemerintah. "Kami akan tunduk dan patuh pada keputusan pemerintah," kata Heri.

Sekretaris Pertagas, Adiatma Sardjito mengaku belum mendapatkan kabar atas rencana merger itu. Jika itu terjadi, kata dia, mekanisme terbaik adalah Pertagas yang mengakuisisi PGAS, karena sebagian besar saham PGAS dimiliki publik. "Logikanya tidak masuk kalau Pertagas dibeli PGAS," ujar dia. Ehs
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login