IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , , » Produksi Gas Blok Masela Tidak Terganggu

Produksi Gas Blok Masela Tidak Terganggu

Written By kusairi kusairi on Monday, 16 November 2015 | 18:40

indoPetroNews.com - Hasil keputusan pengembangan Blok Masela di Maluku seharusnya diumumkan 10 Oktober lalu setelah evaluasi revisi kerja proyek energi tersebut selesai.

Namun hingga saat ini keputusan tersebut tak kunjung diumumkan. Pasalnya Tim Independen yang dibentuk Pemerintah masih mengkaji ulang pengembangan Blok Masela dengan skema floating (terapung) atau di darat.

Menanggapi molornya keputusan tersebut, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menilai tak akan membuat produksi gas di blok tersebut tertunda.

Pria berusia 73 tahun ini mengatakan, jika keputusan tersebut sudah keluar hari ini pun, tidak lantas pengembangan langsung digarap, karena memerlukan waktu yang lama untuk mengembangkan dan akhirnya menghasilkan produksi gas yang diinginkan.

"Oh tidak. Walaupun hari ini kita mulai, itu butuh 5-6 tahun lagi baru bisa (beroperasi atau berproduksi)," singkat JK di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (16/11).

Blok Masela diperkirakan akan mulai memproduksi gas pada 2024. Blok tersebut memiliki cadangan terbukti gas sekitar 10,73 triliun kaki kubik (tcf) dengan total produksi gas sebesar. 10,4 tcf.

"Hitungannya kapal (floating terminal LNG jadi 2023, dibawa ke Indonesia. Fasilitas ditaruh di atasnya dan diintegrasikan, selesai 2024. Dibawa ke Masela disambung pipa mulai berproduksi awal," terang Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) Amin Sunaryadi kala itu.Ehs
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login