IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Setelah Petral Bubar, Pertamina Klaim Untung USD 430 Juta

Setelah Petral Bubar, Pertamina Klaim Untung USD 430 Juta

Written By kusairi kusairi on Tuesday, 10 November 2015 | 09:45

indoPetroNews.com - Usai pembubaran Pertamina Energi Trading Ltd (Petral), Pertamina klaim telah berhasil melakukan efisiensi senilai US$430,77 juta hingga September 2015, dan ditargetken mencapai US$500,42 juta di akhir 2015.

Dirut Pertamina, Dwi Soetjipto mengatakan, likuidasi Petral merupakan upaya peningkatan efisiensi dan memperkuat transapransi kegiatan yang dilakukan Pertamina. Bahkan, audit yang dilakukan di dalam tubuh Petral diidentifikasi menyebabkan harga minyak dan produk minyak menjadi tinggi.

"Ada aspek kebocoran informasi rahasia dan ada pihak eksternal. Kebijakan dalam proses pengadaan BBM itu aspek yang bikin anomali, dan harga menjadi tinggi," ujar Dwi di Jakarta, Senin (9/11).

Dwi menambahkan, agar kebutuhan BBM dalam negeri dapat terpenuhi, Pertamina melakukan perbaikan dengan langsung melakukan pengadaan oleh dirinya. Dengan merevitaliasasi peran ISC (Integreted Suply Chain). "Kami sedang kerja sama dengan konsultan, enam bulan ke depan kita set up prosedur bisnis dan kita bisa mendapatkan harga yang lebih baik," katanya.

Diakuinya, kebocoran informasi terkait rencana pengadaan BBM oleh Petral kepada pihak ketiga merupakan hal tak wajar. Pertamina akan mengambil langkah-langkah investigasi di dalam tubuh Pertamina sendiri.

"Sebelumnya auditor forensik belum bisa menggali lebih jauh. Dan orang-orang Pertamina sebelumnya kurang kooperatif. Kami akan lakukan penelitian lebih lanjut," tegasnya.

Siapa dalang intervesi dari luar tersebut, Dwi enggan mengungkapkannya, karena di luar wewenang Pertamina dalam menentukan siapa dalang di balik semua itu. "Kami tidak dalam kapasitas siapanya, karena takut ini jadi salah persepsi," katanya.

Dwi menambahkan, dalam beberapa laporan auditor, tingginya harga BBM yang dibeli Petral karena keterbatasan peserta tender, disebabkan oleh intervensi orang luar tersebut.
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login