IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Shell Buka Pabrik Oli Terbesar di Indonesia

Shell Buka Pabrik Oli Terbesar di Indonesia

Written By kusairi kusairi on Friday, 6 November 2015 | 08:57

indoPetroNews.com - Perusahaan minyak dan gas bumi asal Den Haag, Belanda yakni PT Shell, membuka pabrik minyak pelumas atau Lubricants Oil Blending Plant (LOBP) terbarunya di Asia. Pabrik ini sekaligus pabrik pelumas terbesar yang dioperasikan oleh perusahaan minyak internasional di Indonesia.

Pabrik ini berlokasi di Marunda Center, Bekasi dan didirikan di atas tanah seluas 75.000 m2 atau setara dengan 10 kali luas lapangan sepak bola.

Pabrik ini mampu memproduksi hingga 136 juta liter (120 ribu ton) pelumas setiap tahunnya atau cukup untuk mengganti lebih dari 460.000 unit oli sepeda motor atau hampir 90.000 unit oli mobil setiap harinya.

"Berdirinya pabrik ini adalah bukti kepercayaan kami terhadap kekuatan pasar pelumas di negara ini. Indonesia adalah pasar pelumas terbesar di Asia Tenggara dan salah satu mesin penggerak industri pelumas di kawasan, bersama dengan China dan India," kata Wakil Presiden Eksekutif Shell Lubricants, Mark Gainsborough, Jakarta, Kamis (5/11).

Pabrik pelumas baru tersebut akan memproduksi merek pelumas unggulan Shell seperti Shell Helix (oli mesin kendaraan penumpang), Shell Advance (oil sepeda motor), Shell Rimula (oli mesin kelas berat), Shell Spirax (oli transmisi) dan berbagai pelumas industri lainnya.

Produk-produk ini akan membantu memenuhi kebutuhan permintaan konsumen indonesia yang semakin meningkat terhadap oli kendaraan bermotor dan pelumas lainnya untuk pemakaian di sektor-sektor seperti pertambangan, pembangkit listrik, transportasi dan sektor pembangunan infrastruktur yang sedang tumbuh di Indonesia.

Mark menambahkan, pabrik ini merepresentasikan kemampuan produksi pelumas kelas dunia Shell di Indonesia yang turut memperkuat rantai pasokan Shell. Pabrik pelumas ini juga akan memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia akan pelumas berkualitas tinggi yang diproduksi di pabrik baru ini.

"Selama beberapa tahun terakhir ini, perekonomian Indonesia bertumbuh pesat dan pelumas merupakan komponen vital dalam mewujudkan ambisi pertumbuhan negara ini hampir di segala sektor," ujarnya.

Di tempat yang sama, Presiden Direktur dan Country Chairman Shell Indonesia, Darwin Silalahi menjelaskan, pabrik pelumas Shell ini bentuk komitmen dalam menerapkan strategi untuk lebih dekat dengan pelanggan. Shell mendorong pertumbuhan bisnis dengan menawarkan produk dan layanan yang tepat di tempat yang tepat.

"Di samping itu, investasi ini merupakan realisasi dari misi visi kami mendorong kemajuan Indonesia," katanya.

Sekedar informasi, pabrik baru Shell memiliki teknologi pencampuran, pengisian dan pengemasan yang sangat terotomasi. Pabrik ini juga dilengkapi dengan sistem pengendalian kualitas ketat yang menguji pelumas di setiap tahapan produksi untuk memastikan bahwa produk yang dihasilkan memenuhi spesifikasi kualitas tinggi. Sebagai bagian dari fokusnya pada produk kualitas tinggi, di pabrik ini juga dilengkapi dengan laboratorium kelas dunia untuk pengujian pelumas.

Rencananya pabrik ini akan diresmikan oleh Menteri Perindustrian Saleh Husin dan dihadiri oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani. Selain itu dihadiri oleh Kepala BPH Migas Andy Sommeng serta pejabat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login