IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » SKK Migas Akui Penggunaan Local Content Sebatas Minta Kertas

SKK Migas Akui Penggunaan Local Content Sebatas Minta Kertas

Written By kusairi kusairi on Friday, 20 November 2015 | 05:49

indoPetroNews.com - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengakui bahwa apa yang dikatakan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Rizal Ramli, terkait penggunaan komponen lokal/local content dalam proses eksplorasi migas dalam negeri, belum mematuhi apa yang terdapat dalam Undang-undang (UU). 

Kepala Bagian Humas SKK Migas Elan Biantoro mengakui penggunaan komponen lokal hanya sebatas dokumen kontrak. Elan mengatakan, pada saat melakukan tender, SKK Migas akan melihat komponen lokal yang diajukan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS). Dalam tender, pihak yang menggunakan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) lebih tinggi akan dipilih.

Sayangnya, selama ini penggunaan komponen lokal yang diajukan dalam kontrak KKKS tidak sesuai dengan apa yang dilakukan di lapangan. "Local content kita suka dipelintir oleh KKKS, ternyata ini sebatas di atas document contract," kata dia di Kawasan Kebayoran Baru, Kamis (19/11).

Dia menyebutkan, pada pelaksanaannya KKKS tetap menggunakan perusahaan asing. Misalnya, dalam dokumen kontrak disebutkan komponen lokal yang digunakan 60 persen, tapi di lapangan hanya menggunakan 30 persen. "Yang disampaikan Pak Rizal betul, kita sebatas kertas minta TKDN," katanya.

Kendati begitu, dia mengatakan ke depannya SKK Migas akan mengawasi penggunaan komponen lokal pada KKKS. Pengawasan ini masuk dalam Pedoman Tata Kerja (PTK) Nomor 007 Revisi III.

"Sekarang kan sudah PTK 007 revisi III, SKK Migas berhak melakukan audit sampai kepada production sharing contract (PSC), kontraktor, subkontraktor, sampai itu bisa kita audit," ujarnya. Ehs
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login