IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Darmin Nasution : Hubungan Crude Oil dengan Harga BBM Mestinya Sejajar

Darmin Nasution : Hubungan Crude Oil dengan Harga BBM Mestinya Sejajar

Written By kusairi kusairi on Saturday, 19 December 2015 | 16:02

indoPetroNews.com - Pemerintah mengaku mencermati perkembangan terkini harga minyak dunia yang cenderung terus turun dan masih akan berpotensi melemah di tahun depan. Namun apakah harga BBM di Indonesia juga akan menyesuaikan rendahnya harga minyak mentah dunia di awal tahun depan?

Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan seberapa besar tingkat harga BBM memang ada hubunganya dengan harga minyak mentah. Darmin menegaskan secara teori ketika harga minyak mentah turun, harga inputnya juga turun apabila subsidinya tetap.

"Ada dua faktor untuk menetapkan penentuan harga BBM itu naik atau turun. Satu, apakah pada harga (BBM) sebelumnya Pertamina sudah bisa menutup cost-nya. Kalau belum bisa, maka tidak otomatis. Bukannya tidak bisa, tapi tidak otomatis turun," kata Darmin, dalam siaran persnya, kemarin.

Faktor kedua adalah seperti apa konsekuensi pemerintah untuk tetap membiarkan subsidi itu ada. "Jadi dua faktor itu yang akan mempengaruhi apakah harga BBM akan langsung turun kalau harga minyak dunia turun. Tapi memang hubungan antara crude oil yang harganya turun itu dengan harga BBM memang sejajar mestinya," ujarnya.

Diketahui, banyak kalangan memproyeksikan harga komoditas dunia masih cenderung turun. Bahkan harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) turun 18 sen menjadi US$34,77 per barel pada pagi ini. Sementara harga minyak brent turun 19 sen menjadi US$36,87 per barel.

Penurunan harga minyak WTI dinilai berada di posisi terendah ketika terjadi krisis 2008 yang berada di level US&32,40 per barel, dan minyak brent mendekati titik terendah pada periode sama yang berada di level US$36,20. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login