IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » DEN Anggap Kebijakan Dana Ketahanan Energi Lebih Gampang

DEN Anggap Kebijakan Dana Ketahanan Energi Lebih Gampang

Written By kusairi kusairi on Wednesday, 30 December 2015 | 21:35

indoPetroNews.com - Terkait kebijakan pungutan dana ketahanan energi (DKE), Dewan Energi Nasional (DEN), menyebut kalau hal tersebut merupakan cara yang paling gampang dan mudah, untuk mencapai keberlanjutan sumber daya energi lainnya.

Anggota DEN dari unsur pemangku kepentingan, Rinaldy Dalimi mengatakan, rencana pemerintah untuk menerapkan DKE ini, harus dimanfaatkan sebagai momentum untuk mengevaluasi efisiensi industri hilir migas (industri pengolahan dan niaga).

"Ini cara yang mudah bagi pemerintah untuk menambah biaya eksplorasi untuk energi lainnya. Dan seharusnya DKE tidak hanya dipungut pada Premium dan Solar saja, tetapi juga kepada seluruh jenis energi," kata Rinaldy, dalam konpers di kantor DEN, Jalan Gatot Subroto Jakarta, Rabu (30/12).

Hingga saat ini, mekanisme pemungutan tersebut masih dikaji. Untuk penerapannya juga masih dikaji, diharapkan bisa dilakukan pada 5 Januari 2016 nanti. Untuk harga BBM yang berlaku juga masih mengikuti hasil dari sidang kabinet beberapa waktu lalu.

"Kajian yang dilakukan saat ini lebih kepada tatacara pemungutan dan penggunaannya," jelasnya.

Diharapkan, badan hukum untuk DKE berasal dari Peraturan Presiden, alasannya karena dengan Perpres akan lebih cepat, karena menjadi kewenangan presiden. Berbeda dengan Peraturan Pemerintah yang lebih rumit pembentukannya. "Badan hukum dalam pertimbangan, karena PP lebih rumit kalau Perpres kan dalam kewenangan presiden jadi bisa langsung (dibentuk)," katanya. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login