IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Kardaya : Siapapun Tidak Boleh Bisnis Trader Gas

Kardaya : Siapapun Tidak Boleh Bisnis Trader Gas

Written By kusairi kusairi on Tuesday, 15 December 2015 | 06:51

indoPetroNews.com - Ketua Komisi VII DPR RI, Kardaya Warnika, memiliki pendapat lain, terkait Peraturan Menteri ESDM No 37 Tahun 2015 yang mewajibkan setiap trader gas memiliki infrastruktur pipa.

Kardaya menilai, siapa pun tetap boleh bisa melakukan bisnis trader gas, pasalnya Permen tersebut ia nilai bertentangan dengan UU No 22 Tahun 2001. "Hal itu tidak sesuai dengan UU No 22 Tahun 2001. Pelaku usaha harus ditumbuhkembangkan, bukan diwajibkan memiliki fasilitas," ujar Kardaya di Jakarta, Senin (14/12).


Menurut dia, Permen masih dibawah UU, sehingga pemerintah tidak bisa melanggar pelaku usaha yang berusaha sesuai dengan UU yang berlaku.

Diketahui, untuk meningkatkan pemanfaatan gas dalam negeri, Kementerian ESDM telah membuat peraturan tersebut. Jika tidak, tak bisa berbisnis gas di sektor hilir.

Sebagai informasi, banyak trader gas yang sudah lama beroperasi di Indonesia meminta agar aturan tersebut direvisi. Dan Kementerian ESDM pun tengah mengkaji revisi Permen tersebut, revisi yang paling utama adalah, alokasi gas akan disesuaikan dengan kepemilikan pipa.

"Tentu harus punya jaringan pipa, yang hanya bermodal kertas tetap tidak akan bisa," ujar Dirjen Migas Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja beberapa waktu lalu. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login