IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Kilang Tak Jamin harga BBM Murah?

Kilang Tak Jamin harga BBM Murah?

Written By kusairi kusairi on Friday, 4 December 2015 | 13:10

indoPetroNews.com - Direktur Eksekutif Pusat Kebijakan Publik Indonesia (Puskepi), Sofyano Zakaria mempertanyakan, benarkah jika negara mempunyai kilang sendiri maka dipastikan harga bahan bakar minyak (BBM) akan murah?

Dan apakah minyak yang masih dominan di impor tidak berpengaruh terhadap harga BBM dalam negeri? "Biaya pajak (Ppn, PPBKB, Iuran BPH Migas) apakah tidak berpengaruh sehingga menyebabkan harga BBM mahal," kata Sofyano, melalui pesannya, Jumat (4/12).

Sebelumnya, Direktur Utama PT. Pertamina (Persero), Dwi Soetjipto mengatakan belum maksimalnya pembangunan kilang minyak semenjak 20 tahun belakangan menjadi penyebab harga BBM di Indonesia menjadi mahal

Dwi lebih menginginkan, agar pembangunan kilang minyak dipercepat sesuai dengan arahan pemerintahan sekarang. Kemudian mendorong pengolahan minyak dilakukan di dalam negeri.

"Kalau kilang di sini dan bisa memanfaatkan crude dalam negeri semaksimal mungkin, saya yakin harga bisa ditekan, contoh saja harga dalam 2015 ini kita sudah bisa menurunkan biaya produksi kilang kita dari tadinya sekitar 112% dari MOPS (Mean of Plats Singapore), sekarang sudah bisa 103% dari MOPS, dan bisa bersaing dengan impor," ujarnya.

Dampaknya, kata Dwi ke depan akan cukup besar. Terutama ketika dua kilang baru, yakni di Tuban, Jawa Timur dan Bontang, Kalimantan Timur bisa beroperasi pada 2019. Kebutuhan BBM di dalam negeri bisa terpenuhi.

"Kalau masa lalu kita selalu bilang bahwa kilang kita tidak efisien maka kita lebih baik impor saja, tapi sekarang kita malah sudah tidak mempermasalahkan, kita impor apa perlu, kita kilang sudah bisa bersaing dengan landed price dari impor," kata Dwi. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login