IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » KKKS Bakal Pangkas Target Produksi

KKKS Bakal Pangkas Target Produksi

Written By kusairi kusairi on Monday, 14 December 2015 | 16:52

indoPetroNews.com - Energy Watch Indonesia memprediksi hingga tahun depan, tren harga minyak mentah dunia masih terus mengalami penurunan. Kondisi ini dikhawatirkan mempengaruhi kinerja dari Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang melakukan eksplorasi minyak di hulu.

Direktur Eksekutif Energy Warch Indonesia Ferdinand Hutahean, mengatakan KKKS tersebut akan memangkas target produksi demi mengurangi kerugian lantaran margin keuntungan yang didapatkan sangat rendah dibandingkan dengan ongkos produksinya.

Jika KKKS memangkas produksi, maka impor minyak BBM diprediksi akan melonjak sebab ketersediaan hasil produksi dalam negeri juga turun.

"Kita analisis banyaknya minyak di pasar internasional kemudian OPEC yang baru sidang ternyata tidak mengurangi produksi dan terus memompa produksi, artinya apa?, pasar akan dibanjiri oleh minyak yang tentu sangat mudah mendapatkannya. Harga akan turun karena persaingan untuk mendapat konsumen sangat mudah, jadi ini yang harus dicermati pemerintah bagaimana mensiasati ini," kata Ferdinand, di Jakarta, Senin (14/12).

Ferdinand menambahkan, kontribusi pendapatan sektor migas tahun ini berkisar US$ 13,4 miliar. Namun ironisnya, cost recovery yang harusnya dikeluarkan sebesar US$ 14,1 miliar yang artinya ada defisit yang harus ditanggung. Sementara kebutuhan minyak di dalam negeri setiap tahunnya terus meningkat seiring pertumbuhan ekonomi yang terus bergerak naik.

Diketahui, harga minyak mentah dunia tahun depan diproyeksikan masih dalam tren penurunan dengan level tertinggi dibawah US$ 40 per barrel. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login