IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Pemerintah Diminta Tidak Buru-buru Menurunkan Harga BBM

Pemerintah Diminta Tidak Buru-buru Menurunkan Harga BBM

Written By kusairi kusairi on Monday, 14 December 2015 | 16:55

indoPetroNews.com - Energy Watch Indonesia menilai pemerintah sebaiknya menunda revisi harga bahan bakar minyak (BBM), meskipun harga minyak mentah dunia menyusut hingga USD 40 per barel. Pasalnya, jika pemerintah melakukan penurunan, maka akan berdampak pada tergerusnya keuntungan dari PT. Pertamina (Persero).

"Ketika harga minyak diturunkan sementara biaya produksi masih tinggi, bisa - bisa harga penjualan tidak menutupi kembali biaya produksi, nah ini akan memukul Pertamina, memukul APBN, tentu berdampak pada sektor lain, karena BBM sektor paling dominan," kata Direktur Eksekutif Energy Watch Indonesia, Ferdinand Hutahean, di Jakarta, Senin (14/12).

Dia menambahkan, sekalipun tahun depan harga minyak dunia turun, namun dia menyarankan agar penurunan harga BBM domestik tidak terlalu banyak. "Menurut saya, sepanjang publik masih sanggup membeli dengan harga di level sekarang, maka Pertamina lebih baik mempertahankan harga saat ini. Atau paling tidak jika diturunkan jangan terlalu banyak, antara Rp100-200 saja per liter," ujarnya.

Sebagai informasi, OPEC melaporkan produksi kolektif mereka naik 230.100 barel per hari sepanjang November menjadi 31,7 juta barel. Produksi kartel itu menyumbang sekitar 40 persen dari produksi minyak mentah global. OPEC dalam laporan bulanannya juga meramalkan bahwa strateginya untuk menekan produsen berbiaya tinggi akan terlihat hasilnya tahun depan.

OPEC memperkirakan produksi negara-negara di luar kartel itu pada 2016 akan turun 380.000 barel per hari menjadi rata-rata 57,14 juta barel per hari. Setengah dari angka tersebut akan datang dari Amerika Serikat. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login