IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Pemerintah Terapkan Skema Revenue Over Cost untuk Blok Mahakam

Pemerintah Terapkan Skema Revenue Over Cost untuk Blok Mahakam

Written By kusairi kusairi on Wednesday, 23 December 2015 | 14:53

indoPetroNews.com - Ada model skema baru yang diterapkan pemerintah untuk Blok Mahakam. Pemerintah tidak lagi menggunakan skema production sharing contract (PSC), melainkan menggunakan skema bagian pengaturan (Split Sliding Scale), dengan rumusan Revenue Over Cost (R/C) yang besarannya diatur sesuai ketentuan bersama.

Revenue over cost artinya penerimaan dibagi dengan biaya atau pengertiannya semakin besar hasil yang didapatkan dari Blok Mahakam, maka makin besar pula bagian untuk negara.

"Ini adalah hal yang baru untuk pembagian aturan blok Mahakam, dengan skema R/C," ujar Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas), Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja di Jakarta tadi malam, Selasa (22/12).

Wiratmaja menjelaskan, dengan skema R/C tersebut jika perbandingan hasil penerimaan dengan biaya produksi 0-1, maka minyak jatah negara sebanyak 80 persen dan 20 persen untuk kontraktor. Sedangkan untuk gas, jatah negara 65 persen dan 35 persennya untuk kontraktor.

Tapi, jika produksinya besar, misalkan dikisaran 1-1,2 maka jatah pemerintah sebesar 82,5 persen dan gas 67,5 persen, jatah kontraktor sisanya. Begitupun jika perbandingan hasil penerimaan dengan biaya produksi rasionya lebih dari 1,6, maka pemerintah akan mendapat minyak sebesar 90 persen dan gas sekitar 75 persen

"Semakin besar rasio perbandingan, maka semakin besar juga jatah untuk negara," jelasnya

Diketahui, PT Pertamina Pesero telah melakukan penandatanganan Heads of Agreement (HoA) dengan Total E&P Indonesie terkait pengelolaan Blok Mahakam. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login