IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Sektor Migas PHK 67 Ribu dan Pensiunkan Dini 20 Ribu Orang

Sektor Migas PHK 67 Ribu dan Pensiunkan Dini 20 Ribu Orang

Written By kusairi kusairi on Wednesday, 2 December 2015 | 11:30

indoPetroNews.com - Kepala Divisi Humas Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu dan Minyak dan Gas (SKK Migas) Elan Biantoro mengungkapkan, merosotnya harga minyak dunia ke angka US$ 40 per barel, mengakibatkan banyak pekerja di sektor migas terpaksa untuk dirumahkan alias Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Menurut Elan, sektor migas telah melakukan PHK kepada sebanyak 67.000 ribu pekerja dari berbagai level. "Tapi sekarang harga minyak terseok-seok di US$ 40 per barel. Hal ini yang membuat terjadinya PHK sebanyak 67.000 orang, dan yang pensiun dini 20.000 orang," ungkap Elan kepada media dalam sebuah Diskusi Refleksi 2015 dan Proyeksi 2016 Industri Hulu Migas Nasional di Jakarta, Selasa (1/12).

Awalnya, Elan melanjutkan, harga minyak diprediksi hanya merosot hingga mencapai angka US$ 50 per barel. Namun, penurunan drastis pun terjadi hingga mencapai US$ 40 per barel.

Untuk itu, menurutnya, pengurangan pegawai ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi biaya produksi di tengah merosotnya harga minyak dunia. Bahkan, beberapa perusahaan melakukan pengurangan pegawai mencapai 5-6 persen. "Hal ini akibat harga minyak yang terus menurun," tandas Elan.

SKK Migas mencatat, harga minyak dunia tertinggi terjadi pada Oktober 2014 lalu, yang mencapai US$ 110 per barel. Setelah itu, ia menambahkan, harga minyak dunia terus merosot hingga US$ 40 per barel.

"Perlahan menurun dari US$ 95 per barel, bertahan agak lama sampai US$ 60 per barel, lalu ya sampai sekarang harga minyak berada di kisaran US$ 40 per barel. Ini yang buat kita terseok-seok," tutup Elan.Ehs
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login